Jangan Asal Ungkapkan, Ini Rahasia yang Patut Disimpan dan Dibagikan dengan Pasangan

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 19 Oktober 2020 16:30
Jangan Asal Ungkapkan, Ini Rahasia yang Patut Disimpan dan Dibagikan dengan Pasangan
Jangan asal berbagi rahasia, ketahui batasannya ya Girls!

Apakah kamu tipe terbuka pada pasangan? Yap, kamu selalu menceritakan semua hal tentang segala kehidupan yang sedang terjadi serta masa lalu kamu baik itu permasalahan akan kebaikan atau pun keburukan.

Lalu, apakah dengan bercerita semua hal pada pasangan akan aman-aman saja untuk keberlangsungan hubungan ke depannya?

 

1 dari 5 halaman

1. Rahasia yang Tidak Seharusnya Dibagi

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Melansir dari Tempo, Senin (19/10/2020) seorang psikolog senior di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Muhammad Rizal Psi, mengatakan rahasia yang boleh dibagi adalah rahasia masa lalu yang tidak berpengaruh pada kehidupan dan hubungan kita dengan pasangan, baik di masa sekarang maupun masa depan. Contoh rahasia di masa kanak-kanak yang konyol, seperti mengompol atau cerita cinta di masa lalu.

2 dari 5 halaman

" Tidak perlu memberi tahu jumlah mantan dan TTM (teman tapi mesra). Tidak perlu juga menceritakan secara detail apa yang kita lakukan selama menjalin hubungan dengan mereka (para mantan). Tidak ada keuntungannya membuat pasangan kaget mendengar cerita kita. Belum lagi bila pasangan kita justru merasa dibanding-bandingkan dengan cinta masa lalu,” ujarnya.

3 dari 5 halaman

2. Rahasia yang Harus Diungkapkan

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Lanjutnya, Rizal mengingatkan memang ada rahasia yang mau tidak mau harus diungkapkan kepada pasangan. Misalnya, perihal masa lalu yang masih dialami sampai sekarang dan mungkin berpengaruh pada masa depan.

" Contoh perihal masa lalu yang masih dialami sampai sekarang, yaitu utang, penyakit yang pernah dialami, dan kekerasan seksual atau emosional yang menimbulkan trauma, serta diduga dapat mempengaruhi hubungan. Sedangkan contoh hal yang kini dialami dan mungkin berpengaruh di masa depan, misalnya kemungkinan PHK, penyakit kronis yang hingga saat ini diderita, atau soal tambahan penghasilan," ucap Rizal menjelaskan.

4 dari 5 halaman

3. Fase Serius ke Jenjang Pernikahan

Tak hanya itu saja, hal yang paling krusial dari mengungkap sebuah rahasia adalah kapan waktu yang tepat dan bagaimana cara menyampaikannya kepada pasangan. Rizal mengatakan ketika kita dan pasangan ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius seperti pernikahan, rahasia itu harus segera dikemukakan, lho Girls.

" Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur waktu dan tempat yang nyaman. Hindari ruang publik yang terbuka dan ramai. Selanjutnya, kita bisa memulai dengan mengatakan 'Apakah ada hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang diri saya?' Setelah menceritakan rahasia tersebut, kita harus siap menerima segala konsekuensinya, termasuk bila harus meminta maaf. Jangan bersikap defensif. Tunjukkan bahwa hal yang sudah terjadi tidak akan terulang lagi di masa depan," sarannya.

5 dari 5 halaman

 

Nah, sekarang sudah tahu dong Girls rahasia apa saja yang bisa diungkapkan dan tidak kepada pasangan. Namun, terlepas dari hal tersebut, semua keputusan akan kenyamanan hubungan ada di tanagn kita dan pasangan. Jadi, sekali lagi akan sangat disarankan jika kita sama-sama tahu segala hal yang terbaik demi keseriusan hubungan. Semoga membantu.

Beri Komentar