Emansipasi Wanita dan 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendukungnya

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 21 April 2021 14:32
Emansipasi Wanita dan 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendukungnya
Dengan semangat ini, semoga seluruh perempuan di dunia bisa turut merasakan keadilan dan kebebasan ya Diazens.

Berdasarkan KBBI, emansipasi adalah “pembebasan dari perbudakan atau persamaan hak dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, seperti persamaan hak kamu wanita dengan kaum pria. Selanjutnya, emansipasi wanita memiliki arti proses pelepasan diri para wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju”.

Emansipasi ini kemudian memiliki kaitan erat dengan upaya atau skema sosial dengan tujuan untuk membebaskan perempuan dari segala jenis perbudakan dan eksploitasi sosiopolitik dan ekonomi. Istilah “emansipasi wanita” kemudian umum digunakan untuk merujuk pada proses di mana perempuan pada umumnya dan perempuan miskin pada khususnya bisa mendapat akses dan kendali atas semua bentuk sumber daya pada suatu negara.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi perempuan single © Diadona

Nah, inilah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memastikan kebebasan pemenuhan diri dan pengembangan diri bagi perempuan, serta akses yang setara ke sumber daya domestik dan masyarakat. Pada zaman yang serba modern ini, paling tidak ada 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk mendukung emansipasi wanita. Berikut beberapa kegiatan sebagai upaya mewujudkannya di dalam kehiduan sehari-hari. Simak selengkapnya berikut ini ya Girls!

2 dari 9 halaman

1. Senantiasa memberikan dukungan satu sama lain

Saling mendukung sesama perempuan adalah apa yang kita butuhkan saat ini untuk terus mengobarkan semangat emansipasi wanita dan mendorong kesetaraan gender. Cobalah deh lakukan dari hal kecil, seperti mendukung usaha atau bisnis yang dilakukan oleh sesama perempuan, tidak menjelek-jelekkan sesama perempuan, mendukung sesama perempuan untuk menyuarakan pendapatnya di tempat kerja, dan banyak lagi lainnya.

3 dari 9 halaman

2. Berbagi pekerjaan

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Pemahaman bahwa “ pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan perempuan” harus dihilangkan. Kita mulai menyadari bahwa pekerjaan rumah tangga bukan saja kewajiban perempuan, tapi juga laki-laki. Dengan berbagi pekerjaan, beban pekerjaan perempuan akan lebih seimbang.

4 dari 9 halaman

3. Berani menyuarakan pendapat

Baik perempuan atau laki-laki punya hak yang sama untuk memberikan pendapatnya. Dengan berani bicara tentang emansipasi, hak-hak perempuan, dan kesetaraan gender, kamu bisa menyebarkan kesadaran akan pentingnya hal ini sekaligus meruntuhkan penghalang yang ada.

5 dari 9 halaman

4. Ikut terlibat dalam organisasi dan kegiatan

Perempuan sudah waktunya untuk ikut terlibat dalam berbagai organisasi dan kegiatan. Contohnya saja dalam kegiatan politik atau pemerintahan, yang masih didominasi oleh laki-laki. Tak hanya dalam politik, ya, kamu bisa memulainya dari organisasi di sekolah atau kampus. Jangan ragu dan takut untuk terlibat dalam sebuah organisasi ya.

6 dari 9 halaman

5. Stop lakukan “shaming” kepada perempuan di media sosial

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Kehidupan kini rasanya tak bisa lepas dari sosial media. Namun tak jarang masih ada saja orang yang melakukan “ shaming” kepada perempuan di media sosial. Baik itu berupa body shaming atau mengejek bentuk tubuh, mengejek perilaku perempuan yang dianggap harus memenuhi norma-norma tertentu, hingga mengejek cara perempuan mengurus anaknya. Perilaku seperti ini tentu sudah saatnya harus dihentikan, karena bertentangan dengan jiwa emansipasi wanita.

7 dari 9 halaman

6. Mempersiapkan edukasi untuk generasi berikutnya

Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah mendorong terciptanya program sekolah yang bertujuan untuk mendukung pemberdayaan perempuan. Ubah pandangan tentang “ perempuan tak butuh sekolah, karena nantinya akan jadi ibu rumah tangga”, ubah pandangan seputar pernikahan di usia muda, dorong para perempuan untuk berprestasi di sekolah, dan masih banyak lagi hal lainnya.

8 dari 9 halaman

7. Ketahui hak-hak perempuan

Ilustrasi Perempuan Jepang © Diadona

Kamu juga harus tahu apa saja hak-hak perempuan. Hal ini meliputi hidup bebas dari kekerasan dan diskriminasi, hak mendapatkan akses kesehatan, hak mendapatkan pendidikan, memiliki properti sendri, hak untuk memilih, hak reproduksi, dan hak untuk mendapatkan gaji yang seimbang.

9 dari 9 halaman

Di Hari Kartini ini, yuk kita sama-sama berbenah diri untuk selalu teguh dan menyuarakan hak-hak perempuan. Masih sama, semua ini bisa kamu lakukan dari hal terkecil atau dari lingkungan terdekat. Dengan semangat ini, semoga seluruh perempuan di dunia bisa turut merasakan keadilan dan kebebasan ya Diazens.

Beri Komentar