Dari Ambisius hingga Perfeksionis, Ini 4 Karakter Manusia berdasarkan Temperamennya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 19 Januari 2022 15:51
Dari Ambisius hingga Perfeksionis, Ini 4 Karakter Manusia berdasarkan Temperamennya
Kamu tipe yang mana nih?

Ada beragam penelitian yang dilakukan untuk mengungkap berbagai sisi karakter manusia. Ada yang dikategorikan berdasarkan bulan kelahiran, golongan darah, serta MBTI.

Ternyata, ada pula identifikasi karakter manusia berdasarkan emosi atau temperamennya loh! Penasaran seperti apa, berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

1. Koleris Si Ambisius

Ilustrasi AmbisiusIlustrasi Ambisius © shutterstock.com/g/fizkes

Tipe yang satu ini ditandai dengan kepribadian yang ambisius dan kompetitif. Mereka tahu apa yang diinginkan dan tujuan apa yang ingin diraih.

Mereka dikenal menyukai sesi deep talk dan biasanya gak pernah kehabisan ide. Mereka cukup tegas dan cenderung lebih nyaman saat berkumpul dengan orang-orang yang setipe dengan mereka.

Mereka lebih suka bekerja sendiri, tapi juga punya kecenderungan unruk menjadi pemimpin yang memegang kendali. Sayangnya, mereka juga dikenal cukup keras kepala.

2 dari 5 halaman

2. Plegmatis alias Pencinta Damai

Ilustrasi Merasa DamaiIlustrasi Merasa Damai © shutterstock.com/g/fizkes

Pemilik karakter plegmatis cenderung kalem dan pendiam, sehingga sering disebut sebagai orang yang cinta damai. Biasanya mereka lebih suka mengamati dan terkesan santai dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka jago banget menjaga hubungan baik dan selalu menghargai hubungannya dengan orang lain. Mereka biasanya akan menghindari perdebatan atau konflik.

Nggak hanya dikenal sebagai sosok yang tenang, mereka juga cenderung nggak punya ambisi. Namun ketika merasa dikecewakan, akan sulit bagi mereka untuk mengembalikan kepercayaan pada orang lain.

3 dari 5 halaman

3. Sanguinis a.k.a Si Fleksibel

Ilustrasi Perempuan yang Punya Banyak EnergiIlustrasi Perempuan yang Punya Banyak Energi © shutterstock.com/g/cookiestudio

Seseorang dengan tipe sanguinis dikenal sebagai pribadi yang periang dan fleksibel. Mereka adalah sosok yang aktif dan ekspresif, suka petualangan baru, dan cenderung punya banyak energi.

Mereka nggak takut untuk mengambil risiko. Sebagai pribadi yang tergolong kreatif, mereka bisa menghidupkan suasana.

Sanguinis juga dikenal memiliki optimisme yang cukup tinggi. Namun sayangnya, mereka cenderung cepat bosan dan susah diajak serius.

4 dari 5 halaman

4. Melankolis yang Perfeksionis

Ilustrasi PerfeksionisIlustrasi Perfeksionis © shutterstock.com/g/Nicoleta Ionescu

Tipe kepribadian yang satu ini cenderung lebih sensitif. Hal inilah yang membuat mereka selalu berhati-hati saat berinteraksi dengan orang lain.

Biasanya mereka juga merupakan pribadi yang terstruktur, rapi, dan taat aturan. Sebagai sosok yang perfeksionis, mereka cenderung suka mengatur orang lain dan suka mengingatkan jika ada hal-hal yang tidak sesuai.

Mereka tuh logis banget loh! Mereka cenderung lebih suka berada di comfort zone dan cenderung pendiam. Tapi, ada kalanya mereka bakal jadi tipe yang agresif di saat-saat tertentu.

Beri Komentar