Kenali Kepribadian ENFP, Si Ramah yang Jago Nyebarin Kebaikan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 15 Februari 2024 06:23
Kenali Kepribadian ENFP, Si Ramah yang Jago Nyebarin Kebaikan
Apa aja sih kelebihan dan kekurangan kepribadian ENFP ini?

Kalian memiliki kepribadian yang selalu ceria dan membawa kebaikan kepada orang sekitar? Mungkin kamu memiliki kepribadian ENFP.

Apa itu ENFP? Dikutip dari Psikologi Hore, ENFP merupakan salah satu kepribadian dalam MBTI yang terdiri dari Extraversion, Intuition, Feeling, dan Perceiving. Kombinasi sifat ini membuat seseorang memiliki perilaku yang terbuka serta ramah.

Orang ENFP jagi dalam memberikan inspirasi dan menyebarkan kebaikan kepada orang-orang di sekitarnya. Orang dengan tipe kepribadian ini memang menawan, energik, dan mandiri. ENFP juga akan bersinar di situasi di mana dia bebas menuangkan imajinasi.

Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan orang yang memiliki kepribadian ENFP.

1 dari 6 halaman

Kepribadian Wanita ENFP © Diadona

1. Mudah Penasaran

ENFP merupakan seseorang yang tidak suka merenung sendirian. Kalau membutuhkan ide, ia bisa saja pergi keluar rumah lalu berkenal dengan orang baru. Tidak hanya itu, orang ENFP juga dikenal selalu ingin mencoba hal-hal baru.

Orang ENFP juga merupakan seseorang yang gak ragu akan keluar dari zona nyamannya. Ia juga melihat bahwa hidup adalah sebuah perjalanan jauh yang pergerakannya harus dinikmati.

2. Pintar Ngomong

Orang ENFP memiliki kemampuan yang baik dalam berbicara. Ia dengan mudah menyampaikan hasil pemikirannya secara gamblang.

ENFP menikmati semua jenis obrolan yang mereka lakukan. Ia juga pintar mengalihkan topik pembicaraan.

3. Tahu Kapan Waktunya Bercanda

Karena pintar ngomong, orang ENFP juga tahu kapan mengeluarkan candaan di berbagai situasi. Mulai dari ngobrol biasa sampai rapat serius sekalipun.

ENFP juga menganggap kalau bercanda juga penting dilakukan dalam sebuah percakapan.

2 dari 6 halaman

Kepribadian Wanita ENFP © Diadona

4. Suka Mengamati

Daripada menebak-nebak, ENFP lebih suka mengamati secara detail apapun yang ingin ia ketahui, dan berusaha menyimpulkan pengamatannya tersebut.

Untuk memuaskan keingintahuannya, ENFP mencoba memperhatikan semuanya, dan berusaha untuk nggak melewatkan satu momen pun.

5. Antusiasme yang Besar

ENFP bukan orang menyembunyikan atau memndam perasaan sendiri. Mereka pasti mengutarakan apa yang baru saja mereka temukan kepada siapapun.

Sifat ini membuat orang ENFP menjadi teman yang baik untuk membicarakan ide dan konsep. Daripada membenturkan opiniya dengan orang lain dengan berdebat, mereka lebih memilih menyesuaikan pendapat orang tersebut ke dalam pemikirannya.

6. Populer tapi Tidak Sombong

Dengan semua sifat ramahnya tesebut, pastinya orang ENFP memiliki banyak teman dan dikenal orang-roang. Walaupun begitu, hal ini tidak membuat mereka menjadi sombong bagai kacang lupa kulitnya.

7. Kreatif Banget

ENFP adalah orang yang sangat kreatif dan imajinatif, mereka selalu punya caranya sendiri dalam melakukan sesuatu. ENFP penuh dengan ide dengan fokus gambaran besar tentang sesuatu, mereka punya pemikiran abstrak untuk berkreasi. 

Karena penuh dengan ide, wanita ENFP merupakan pemecah masalah yang baik dan suka menghadapi tantangan untuk membuktikan diri. Mereka akan menghadapi hambatan sebagai peluang dan akan menghadapinya dengan optimis tanpa prasangka.

3 dari 6 halaman

Kepribadian Wanita ENFP © Diadona

8. Sosok yang Tulus

ENFP juga merupakan orang yang tulus lho! mereka berkomitmen untuk tetap jujur pada diri sendiri apapun yang terjadi. 

Originalitas dari ENFP ini juga yang bikin mereka terlihat menarik. 

ENFP juga sangat tulus dalam hubungannya dengan orang lain, mereka nggak akan memaksakan nilai yang mereka percaya ke orang lain dan merupakan sosok yang apa adanya.

9. Mudah Berempati

Wanita ENFP peka banget terhadap perasaan orang-orang di sekitar mereka. Mereka bisa merasakan perubahan kecil dalam energi dan emosi orang lain. 

Mereka sadar kalau setiap orang adalah individu dan setiap individu memiliki perasaan dan emosi yang berbeda. Karena itulah saat mereka peduli dan perhatian, mereka bisa berempati dan punya hubungan mendalam dengan perasaan orang lain. ENFP juga pinter mendengarkan dan menempatkan diri pada posisi orang lain.

10. Punya Jiwa Kepemimpinan

Orang dengan kepribadian ENFP memiliki jiwa kepemimpinan yang hebat karena mereka adalah orang yang penuh semangat, karisma, dan juga kreativitas.

ENFP juga fleksibel dan ingin membiarkan pilihan mereka tetap terbuka, mereka akan mendengarkan setiap ide dengan antusias. ENFP bersifat spontan dan sangat mudah beradaptasi dengan perubahan. Biasanya ENFP tidak akan takut untuk menjadi pemimpin, mereka yakin dengan kemampuan mereka untuk menangani tanggung jawab berat. 

11. Sangat Baik Hati dan Hangat

Semua kelebihan ENFP ini kemudian bersatu yang membuatnya menjadi orang yang hangat, mudah didekati, dan suka membantu orang lain. Mereka mudah bergaul dengan banyak orang dari berbagai latar belakang dan memiliki lingkaran pertemanan yang luas.

ENFP memiliki energi yang positif yang membuat orang lain merasa bahagia dan termotivasi. Mereka adalah orang yang menyenangkan dan selalu ada untuk keluarga dan teman mereka.

4 dari 6 halaman

Kepribadian Wanita ENFP © Diadona

1. Susah Fokus

ENFP yang aktif dalam mencari ide-ide ini membuatnya jadi susah fokus ke satu pemikiran. Hal ini membuat mereka tidak bisa duduk diam dan berkonsentrasi.

Kegiataan membosankan yang berhubungan dengan angka dan data tanpa ide merupakan siksaan bagi mereka.

2. Hebat di Konsep, Payah di Eksekusi

ENFP jago dalam hal menemukan konsep dasar yang bagus, namun dalam eksekusinyamereka lemah. Ibaratnya, orang ENFP mahir dalam mebuat pondasi rumah, namun untuk membuat tembok, atap, atau pintu mereka lemah.

Maka dari itu, orang ENFP tidak bisa disuruh mengerjakan sesuatu sendiri. Perlu seseorang yang membuatnya tetap betah mengerjakan satu hal tersebut.

3. Overthinking

ENFP juga doyan dalam memikirkan sesuatu terlalu keras. Hal ini ini dikarenakan sifatnya yang suka mengamati dan memiliki rasa antusiasme yang besar.

5 dari 6 halaman

Kepribadian Wanita ENFP © Diadona

4. Gampang Stres

ENFP bisa sangat sensitif terhadap apapun. Karena terlalu sensitif, mereka jadi mudah stres. Karena mereka overthinking dan dak bisa fokus di satu hal;, jadinya mereka mudah stres deh.

5. Emosian

ENFP pun orangnya bisa dibilang emosian. Gak selalu diartikan sebagai orang yang mudah marah, emosian disini jadi mudah merasakan berbagai perasaan, seperti ketawa, sedih, dan sebagainya.

6. Tidak Suka Diatur

ENFP tidak menyukai aturan ketat yang membelenggunya. Seperti kita tahu, ENFP mencintai kebebasan dan tidak ada aturan yang mau ia patuhi.

6 dari 6 halaman

Kepribadian Wanita ENFP © Diadona

7. Terlalu Sensitif

Walaupun seorang ekstrovert, ENFP adalah orang yang sangat sensitif karena mereka peka terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar mereka. Mereka cenderung berlarut-larut dalam dunia emosionalnya, mereka terlalu banyak berpikir yang kemudian salah memahami maksud atau situasi orang lain. 

8. Nggak Terorganisir

ENFP adalah pribadi yang sangat nggak terorganisir. Mereka tidak hanya berpindah dari satu ide ke ide lainnya, mereka juga cenderung menjalani kehidupan yang agak kacau.

Misalnya seperti terlambat rapat, lupa makan, tidak bisa menemukan barang yang mereka cari, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan ENFP cenderung menghindari rutinitas yang membosankan, mereka lebih suka hidup dengan santai.

9. People Pleaser

ENFP biasanya adalah orang yang people pleaser atau berusaha menyenangkan dan memenuhi ekspektasi orang lain. Mereka berusaha mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Karena itu jugalah mereka cenderung berusaha terlalu keras dan melakukan segala hal yang bisa menyenangkan orang lain, karena ingin mendapatkan pujian dan pengakuan orang lain. 

10. Cenderung Menunda-Nunda

ENFP seringkali kesulitan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu karena kecenderungan mereka untuk menunda-nunda. Mereka suka sekali menunda-nunda tugas penting hingga mendekati deadline, atau membuang-buang waktu untuk mengerjakan proyek berhari-hari.

Kebiasaan ini menyebabkan ENFP stres dan frustasi, penting bagi mereka untuk termotivasi dan tidak terdistraksi agar tetap berada di jalur yang benar.

Dari sifat-sifat diatas ada yang kamu miliki? Mungkin kamu seorang ENFP.

Penulis : Andrawira, Clarissa Dhea

Beri Komentar