Dampak Buruk Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 19 Mei 2021 13:00
Dampak Buruk Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Kenapa ya suka banget bandingin diri dengan orang lain?

Siapa di sini yang setiap buka media sosial bawaannya insecure dan bete terus? Yap, setelah
melihat foto atau story teman-teman yang entah sharing tentang liburan, pekerjaan, atau lain sebagainya. Lalu melihat diri sendiri, “loh kok aku gini-gini aja ya? Kok hidup mereka enak banget deh perasaan?”

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Perempuan Muda Dewasa © Diadona

Kalau kamu sudah terlalu sering merasa seperti itu, ini saatnya kamu untuk belajar menyayangi diri sendiri dan mulai untuk berhenti membandingkan diri. Mungkin beberapa dari Diazens pernah merasakan hal-hal berikut. Misalnya saja merasa iri lantaran teman sudah memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi, sedangkan kamu masing menganggur.

Atau, kamu sedang merutuki nasib karena masih jomblo sedangkan teman-temanmu sudah menikah dan punya anak. Sedih karena kamu tak secantik dan selangsing para selebgram?

2 dari 4 halaman

Nah, hal-hal yang kamu rasakan tersebut merupakan hasil dari seringnya kamu membandingkan diri dengan orang lain. Bagaimana tidak, kegiatanmu sehari-hari hanya disibukkan dengan membuka sosial media. Hal ini menjadi alasan mutlak mengapa kamu sering melakukan perbandingan diri ini.

Melansir dari Insightme.id pada Rabu (19/5/2021), perilaku membandingkan diri dengan orang lain ini memiliki banyak dampak buruk lho. Nah, beberapa diantarannaya adalah sebagai berikut.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Perempuan Kepikiran © Diadona

1. Munculnya perasaan iri bahkan dengan teman sendri
2. Mengambatmu mencapai tujuan yang sudah dibuat
3. Menurunkan self-esteem pada diri
4. Menurunkan kepercayaan diri
5. Mengakibatkan depresi, dan
6. Munculnya masalah tidur.

Seringkali perbandingan diri ini akan membuat kita jadi sulit merasa bahagia dan jauh dari rasa syukur. Padahal, kamu memiliki keistimewaan yang khas dan hanya kamu saja yang memilikinya. Ingat, kamu memiliki waktu sendiri untuk sukses.

4 dari 4 halaman

Jadi, kapan nih terakhir kali kamu merasakan cukup akan dirimu sendiri dan menyayangi dirimu dengan tulus?

Mungkin saatnya kini kamu untuk mengubah pola pikir dan senantiasa berusaha menjadi versi terbaik dalam dirimu tanpa lagi membandingkan diri dengan yang lain. Ingat, kamu dan orang lain itu berbeda dan memiliki jatah sukses dan gagal yang berbeda pula. Tetap semangat ya!

 

Beri Komentar