Cara Membaca Pikiran Orang Lain dengan Mudah, Hanya Lewat Wajah dan Mata! Mau Coba?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 30 Juli 2020 12:08
Cara Membaca Pikiran Orang Lain dengan Mudah, Hanya Lewat Wajah dan Mata! Mau Coba?
Mulai sekarang coba deh buat belajar cara membaca pikiran orang, biar bisa mawas diri.

Saat pertama kali bertemu dengan seseorang, pasti dalam benakmu akan menebak apakah orang tersebut baik atau tidak iya, nggak? Dengan begitu, kamu pun akhirnya mencari tahu bagaimana cara membaca pikiran orang melalui website ataupun buku-buku psikolog.

Ternyata tak perlu berlatih dan dipelajari, membaca pikiran orang bisa kamu lakukan hanya melalui gerakan tubuh yang ditunjukkan pada orang tersebut, lho.

Nah, supaya kamu tidak semakin penasaran bagaimana cara membaca pikiran orang termasuk pacarmu, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membaca Pikiran Orang Lain dalam Islam

Cara Membaca Pikiran Orang © Diadona

Menurut Islam, cara membaca pikiran orang disebut sebagai khasaf. Khasaf merupakan tabir antara yang terlihat dengan yang tak terlihat. Kalau tabir ini sudah terbuka, maka akan terlihatlah segala yang tersembunyi.

Degan begitu, orang yang sudah terbuka Pintu Khasafnya akan diberi kemudahan untuk membaca dan melihat segala sesuatu yang akan terjadi maupun berada jauh diluar kemampuan indra fisiknya.

Sehingga cara membaca pikiran orang lain dalam Islam pun bisa dilakukan dengan mengamalkan doa atau ayat suci Al-Quran dengan tata metode tertentu. Adapun tata metode untuk membuka pintu khasaf, ialah sebagai berikut:

Setelah salat Maghrib dan saat tidur, bacalah:
1. Surat Al-Fatihah 1x
2. Surat Al-Naas 1x
3. Surat Al-Falaq 1x
4. Surat An-Tempat 1x
5. Ayat Segala 1x
6. Doa:
” Walau Anna Qur’aanaan Suyyirat Bihil Jibaalu Aw Quththi’at Bihil Ardhu Aw Kullima
Bihil Mautaa Bal Lillahil Amru Jamii’aa, La haula wala quwwata illa billahil ’aliyyil ’adziim ”.

Semestinya bacaan diatas dibaca dalam satu kali napas sambil memohom dalam hati kemurahan Allah SWT untuk membuka Pintu Khasaf. Kalau memang belum kapabel membaca bacaan di atas dalam satu napas, cobalah pada tiga hari pertama mengamalkan bacaan 1 sampai 3 dalam satu tahanan napas.

Tiga hari selanjutnya mengamalkan bacaan 1 sampai 4 dalam satu tahanan napas, dan tiga hari selanjutnya mengamalkan bacaan 1 sampai 6 dalam satu tahanan napas dan sesudah itu mengamalkan keenam bacaan diatas dalam satu tahanan napas.

2 dari 4 halaman

Cara Membaca Pikiran Orang Lain Secara Psikologis

Cara Membaca Pikiran Orang © Diadona

Memang, seseorang yang berkutat di bidang psikologi seringkali mendapatkan pertanyaan kalau dirinya bisa membaca pikiran orang. Padahal, hal dasar yang dilakukannya hanyalah memahami orang lain dengan interpretasi tingkah laku dan kebiasaan yang timbul saat bertatap muka langsung dengan orang tersebut.

Meski begitu, ada beberapa cara membaca pikiran orang lain secara psikologis agar lebih tepat, diantaranya:

1. Non-verbal Decoding Skill

Non-verbal Decoding Skill merupakan salah satu cara membaca pikiran orang lain yang hanya memanfaatkan perasaan dan emosi lawan bicaramu, sehingga ekspresinya terbaca, terutama pada wajah dan nada suara.

2. Strategi Deteksi Penipuan

Memang sulit untuk mendeteksi seseorang saat berbohong atau mengatakan yang sebenarnya, sebab hal ini perlu dilakukan dengan berlatih dengan melihat inkonsistensi dalam perilaku non-verbal pada orang tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu menganalisis konteksnya dan jangan percaya metode cepat, seperti seseorang yang bohong pasti tidak berani melakukan kontak mata. Padahal seseorang yang berbohong lebih banyak melakukan kontak mata daripada orang yang berkata jujur.

3. Pertimbangkan Konteks

Terakhir, cara membaca pikiran orang lain secara psikologis ialah kamu harus mampu mempertimbangkan konteksnya, karena hanya menguasai memecahkan kode non-verbal saja pun tidak cukup.

3 dari 4 halaman

Cara Membaca Pikiran Orang Lain

Cara Membaca Pikiran Orang © Diadona

Setiap orang pasti menginginkan memiliki kemampuan untuk membaca pikiran orang lain. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut, bahkan sulit rasanya untuk tahu cara membaca pikiran orang. Eits, kata siapa? Coba deh pahami langkah-langkah berikut ini, untuk membaca kira-kira apa yang sedang dipikirkan si doi.

1. Berbicara dengan Kontak Mata

Cara membaca pikiran orang yang pertama bisa kamu lakukan dengan melalui kontak mata secara langsung. Dengan hal ini, kamu pun bisa mengetahui dengan jelas berbagai emosi dan perasaan yang sedang dirasakan lawan bicaramu.

Saat diperhatikan, biasanya pasangan yang sedang bahagia melakukan kontak mata langsung dan pupilnya membesar, lain halnya kalau orang tersebut sedang marah atau sedih, pupilnya pasti mengecil dan lebih menghindari kontak mata seperti tidak ingin diketahui emosi atau perasaan yang sedang dirasakannya.

2. Bibir Mengerut

Selain melalui kontak mata, membaca pikiran orang lain bisa kamu lihat saat mereka mengerutkan bibir. Sebab, semakin bibir dikerutkan, maka semakin intens rasa tidak setujunta terhadap sesuatu.

3. Dilihat dari Alisnya

Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana membaca pikiran orang lain ialah dilihat dari alisnya. Artinya, saat lawan bicaramu mengangkat kedua alisnya tandanya ada rahasia besar yang ingin diungkapkan.

Sedangkan, kalau haya satu alis diangkat, gerakan ini menandakan bahwa doi atau temanmu kurang percaya akan apa yang kamu ucapkan.

4 dari 4 halaman

Cara Membaca Pikiran Orang dengan Mudah

Cara Membaca Pikiran Orang © Diadona

Umumnya, cara membaca pikiran orang bisa kamu lakukan tanpa belajar dan dipelajari. Sebab, manusia selalu berkata " jujur" saat berinteraksi dengan orang lain. Namun, masalahnya 'kejujuran' ini selalu tersembunyi dan hanya terlihat saat kamu memiliki pengetahuan mencukupi.

Untuk itu, berikut cara membaca pikiran orang dengan mudah, diantaranya:

1. Kenali Seseorang Secara Mendalam

Orang yang kamu kenali secara mendalam tentunya akan lebih mudah untuk dipahami, termasuk apa yang mereka pikirkan. Jadi kalau kamu pengin gampang baca pikiran orang, kamu harus mengenal orang tersebut secara mendalam terlebih dahulu.

2. Ekspresi Wajah

Hal yang paling sederhana saat membaca pikiran seseorang ialah ekspresi wajah. Sebab, ekspresi wajah akan menunjukan pikiran dan perasaan tertentu seperti sedang sedih, kecewa senang dan lain-lain.

3. Bahasa Tubuh

Menurut ilmu psikologi bahasa tubuh atau gerakan seseorang mencerminkan apa yang mereka rasa dan pikirkan saat berbicara. Misalnya seperti saat pacarmu menyilangkan kedua tangannya. Hal tersebut menandakan ketidaksetujuan doi dengan hal yang sedang kamu bicarakan.

4. Respon

Respon seseorang bisa digunakan sebagai cara membaca pikiran orang menurut ilmu psikologi. Contohnya seperti temanmu berbicara keras maka ia berusaha menunjukkan rasa percaya diri, namun kalau dia sering berhenti dengan kata “ Hmm” atau “ Eeh”, kemungkinan ia dalam kondisi yang sedang gugup.

Sementara respon yang panjang dan berkelanjutan menandakan dia tertarik dengan apa yang sedang dibicarakan.

Itulah cara membaca pikiran orang lain dengan mudah, hanya melalui wajah ataupun mata. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar