9 Cara Melupakan Seseorang yang Bukan Milik Kita

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 29 September 2023 13:35
9 Cara Melupakan Seseorang yang Bukan Milik Kita
Cinta bertepuk sebelah tangan dan tak bisa memilikinya adalah hal yang menyakitkan. Maka cara paling pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melupakannya.

Cara melupakan seseorang yang bukan milik kita adalah tahap tersulit dari mengikhlaskan. Merelakan dan melupakan seseorang yang tidak bisa kita miliki tidak pernah menjadi hal yang mudah. Meskipun sulit dilakukan, kita dapat memulai dan berproses untuk mengikhlaskan dan membuka diri pada orang lain.

Percintaan adalah salah satu aspek yang kompleks dalam kehidupan. Terkadang, kita bisa aja tertarik dengan seseorang yang, entah bagaimana, nggak bisa jadi milik kita dan terjadilah cinta bertepuk sebelah tangan.

Mengatasi perasaan terhadap seseorang yang tidak bisa kita miliki adalah salah satu tantangan emosional paling sulit pada perjalanan cinta kamu. Bayangin aja, belum juga bisa bersama, tapi kamu harus melupakannya?

 

1 dari 4 halaman

Cara Melupakan Seseorang yang Bukan Milik Kita © Diadona

Tahap tersulit dari cara melupakan seseorang yang bukan milik kita adalah melupakan, menghapus kenangan bersama, dan melepas harapan kalau suatu saat kita mungkin bisa bersama. Proses ini bisa menjadi hal yang menyakitkan dan memerlukan kesabaran untuk menjalaninya. 

Meski begitu, menghapus kenangan indah bersamanya bukan berarti melepaskan hal baik dalam hidup kamu, kok. Terkadang, berhenti berharap, memperjuangkan, dan merelakan seseorang yang bukan milik kita merupakan hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk terus berkembang dan memulai babak baru di kehidupan yang lebih positif

Cara melupakan seseorang yang bukan milik kita memang tidak pernah mudah, namun kamu bisa memulainya dengan cara-cara yang sederhana. Tidak perlu melompat terlalu jauh dan memaksa dirimu sendiri, berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk melupakannya.

2 dari 4 halaman

Cara Melupakan Seseorang yang Bukan Milik Kita © Diadona

Menerima Kenyataan bahwa Kalian Tidak Bisa Bersama

Langkah pertama dan utama yang harus kamu lakukan sebelum menuju ke cara melupakan seseorang yang bukan milik kita selanjutnya adalah terima kenyataan. Menghadapi kenyataan pahit ini akan menyadarkan kamu bahwa hal-hal di dunia nggak akan selalu sesuai dengan ekspektasi kita. Nggak semua hal berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. 

Dengan menerima kenyataan dan hati yang ikhlas, akan lebih mudah bagi kamu untuk menjalani tahapan selanjutnya dari cara melupakan seseorang yang bukan milik kita.

Memaafkan dan Apresiasi Diri

Berikan maaf dan apresiasi seluas-luasnya untuk kamu yang berusaha melupakan si dia! Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri saat kamu tidak bisa memiliki orang yang kamu cintai. Sebaliknya, maafkan dan hargai dirimu karena kamu hebat dan istimewa, kok!

Berhenti Mengingat Apapun Tentangnya

Ketika berkunjung ke tempat yang sering kamu kunjungi bersama, kamu pasti teringat kenanganmu dengannya. Nah, ini saatnya kamu menghentikan siklus kenangan berulang tersebut, Diazens. 

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengalihkan pikiranmu ke hal lain selain dirinya. Misalnya, kamu bisa akan keluarga atau sahabat dekatmu untuk menggantikan kenangan yang ingin kamu lupakan.

3 dari 4 halaman

Cara Melupakan Seseorang yang Bukan Milik Kita © Diadona

Jangan Membuat Kode yang Memancing Percakapan dengan Dia

Ingat, dia bukan milik kamu. Jangan sekali-kali kamu membuat kode yang mungkin saja memancingnya untuk membuka percakapan denganmu. Hal ini akan menjadi boomerang untukmu saat harapan kamu tentangnya tidak terpenuhi.

Ini juga akan merobohkan tembok yang sudah kamu bangun sebelumnya dengan susah payah. 

Fokus pada Kebahagiaan dan Diri Sendiri

Hidup adalah tentang mengejar kebahagiaan diri. Fokus pada hal-hal yang menyenangkan dan membuatmu bahagia. Mungkin, kamu bisa pergi nongkrong sama sahabat atau keluarga kamu? Atau makan-makanan kesukaanmu setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan?

Ingat ya, Diazens, kebahagiaanmu adalah prioritas. Nggak harus melulu mahal dan besar, kamu bisa menemukan kebahagiaan baru pada hal-hal sederhana seperti turun hujan di musim kemarau, atau series kesukaanmu mengeluarkan episode baru!

Sadari Hal Baik yang Bisa kamu Ambil dari Keadaanmu

Setelah melakukan beberapa cara melupakan seseorang yang tidak bisa kita miliki, kamu akan sampai pada tahap penerimaan atau acceptance. Pada tahap ini, kamu mungkin akan mulai menyadari hal-hal baik yang mewarnai perjalananmu melupakan dia. Dengan begitu, kamu dapat memetik hikmah dari kesulitan dan keadaan buruk yang kamu alami dan perjuangkan.

4 dari 4 halaman

Cara Melupakan Seseorang yang Bukan Milik Kita © Diadona

Beri Ruang untuk Diri Sendiri sebelum Cari Pengganti

Jangan terlalu terburu-buru cari pengganti, kamu bisa menikmati kesendirianmu dengan melakukan banyak hal yang kamu sukai. Beri dirimu waktu untuk pulih sepenuhnya sebelum melangkah ke hubungan baru. Tenang, Diazens, cari pengganti bukan balapan, kok! Jika waktunya tepat, kamu pasti akan menemukannya.

Membuka Diri untuk Hal Baik

Akhirnya, ketika kamu merasa sudah dalam keadaan yang baik-baik saja, kamu bisa membuka hati untuk hal-hal baik yang mungkin datang dalam hidupmu Terkadang, ketika kita membiarkan masa lalu pergi, kita memberi ruang untuk kebahagiaan baru untuk masuk.

Take your time, Diazens…

Nggak semua hal bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Begitupula dengan melupakan seseorang yang kita cintai. Namun, dengan cara melupakan seseorang yang bukan milik kita, kamu bisa lebih legowo dan nggak memaksakan diri untuk bersama dengan dia.

Tenang aja, kalau jodoh nggak akan kemana kok! Fokus pada cara melupakan seseorang yang bukan milik kita dan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk kebahagiaanmu dibanding mikirin si dia yang nggak ada habisnya!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar