Cara Efektif untuk Menolak Pernyataan Cinta Orang yang Naksir Kamu, Jangan Tiba-Tiba Ngilang ya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 12 November 2020 09:15
Cara Efektif untuk Menolak Pernyataan Cinta Orang yang Naksir Kamu, Jangan Tiba-Tiba Ngilang ya!
Jangan main kabur deh, kasian kan anak orang digantungin gitu~

Belakangan ini muncul istilah yang namanya ghosting. Ghosting merupakan suatu kondisi di mana orang yang sedang disukai tiba-tiba menghilang tanpa memberi kabar sama sekali.

Perilaku ghosting ini biasanya terjadi saat masa-masa pdkt. Perilaku ghosting biasanya terjadi karena muncul orang baru yang lebih menarik, atau ya memang ternyata nggak cocok aja dengan gebetan yang sudah ada. Biasanya orang-orang terlalu sungkan untuk memberi penjelasan atau terlalu bingung menolak pernyataan cinta tersebut, sehingga memilih untuk menghilang begitu saja.

Menghilang begitu saja alias ghosting sebenarnya perlu kamu hindari sih, supaya nantinya kamu pun nggak mengalaminya di kemudian hari. Daripada melakukan ghosting, yuk simak cara yang tepat untuk menolak pernyataan cinta dari orang yang naksir kamu, seperti ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Lihat situasi

Ilustrasi Perempuan Memegang Ponsel © Diadona

Sebelum melakukan tindakan, kamu perlu melihat situasinya terlebih dahulu. Jika kamu dan orang tersebut hanya sekadar berkirim pesan beberapa kali lewat aplikasi dan memang belum pernah bertemu, kamu boleh-boleh saja langsung menghilang tanpa memberi penjelasan apa-apa.

Amalia Miralrio, seorang terapis hubungan menyatakan bahkan ada kondisi lain yang memperbolehkan kamu melakukan ghosting atau menghilang begitu saja. Yakni, manakala dia sudah mulai mengancam keselamatan fisik dan emosionalmu, maka alangkah baiknya jika kamu berhenti meresponnya dan segera meninggalkannya.

2 dari 4 halaman

2. Katakan sejujur-jujurnya

Ilustrasi Chatting © Diadona

Manakala kamu dan dia sudah berkomunikasi dengan intens dan sudah bertemu beberapa kali, tapi tidak ada tanda-tanda kecocokan, maka kamu perlu memberikan penjelasan secara jujur padanya. Jangan membiarkan pernyataan cintanya tergantung begitu saja, berilah penjelasan sejujur-jujurnya agar dia pun bisa mengambil langkah selanjutnya tanpa perlu menunggu-nunggu lagi.

Perlu dipahami, tiba-tiba menghilang padahal sudah dekat tentu meninggalkan rasa yang nggak nyaman. Jadi kalau kamu nggak mau diperlakukan seperti ini, jangan sampai kamu justru melakukannya pada orang lain ya..

3 dari 4 halaman

3. Mintalah untuk berteman saja

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Setiap proses pdkt memang punya 2 kemungkinan akhir, kalau nggak ditolak, ya diterima. Namun memang, ada orang-orang yang lebih cocok untuk berteman daripada menjalin hubungan percintaan.

Jika memang kamu nggak menemukan 'sparks' untuk membuat hubungan kalian jadi pasangan kekasih, nggak ada salahnya untuk memintanya menjadi teman kok. Apalagi jika kalian terlanjur cocok dan nyaman satu sama lain, ngapain harus musuhan dan jadi orang asing lagi?

Beri Komentar