Bukannya Sombong, Berikut 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih-Pilih Teman

Reporter : Yoyok
Senin, 14 Juni 2021 07:50
Bukannya Sombong, Berikut 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih-Pilih Teman
Apapun memang sebaiknya harus disaring, termasuk teman

Jika kamu mengalami masalah dengan keluarga ataupun pacar, mungkin kamu akan lari dan curhat kepada teman. Teman memang sering kali menjadi sandaran kita jika sedang terjadi masalah.

Namun, nyatanya, tidak semua teman yang kamu miliki peduli denganmu. Padahal, lingkungan memiliki pengaruh terhadap pola pikir kita lho.

Maka dari itu, sepatutnya kamu selektif atau pilih-pilih dalam mencari teman. Dikutip dari Womantalk, berikut ini adalah lima alasan kamu harus selektif dalam memilih teman.

1 dari 6 halaman

Setiap Orang Memiliki Pola Pikir yang Berbeda

Ilustrasi PertemananIlustrasi Pertemanan © shutterstock.com/zEdward_Indy

Dalam pertemanan, perbedaan merupakan hal yang normal. Namun, perlu diketahui bahwa perbedaan juga bisa membuat hubungan pertemanan jadi renggang lho.

Maka dari itu, penting untuk kamu mencari teman yang sepemahaman dan memiliki pola pikir yang hamnpir sama. Hal ini tentunya dapat membuat kamu bisa mengajaknya untuk diskusi dan bergerak bersama-sama.

2 dari 6 halaman

Hidupmu Akan Sangat Dipengaruhi oleh Orang Sekitar

Mau tidak mau, orang-orang di sekitar kita akan mempengaruhi kehidupanmu. Entah itu pola pikir, sikap, dan juga sifat.

Tidak hanya itu, teman-temanmu bisa saja memiliki pengaruh besar terhadap setiap keputusan penting di hidupmu. Maka dari ityu, penting rasanya untuk kita selektif dalam mencari teman.

3 dari 6 halaman

Tidak Semua Teman Memberikan Dampak Positif

Ilustrasi PertemananIlustrasi Pertemanan © shutterstock.com/g/tomwang

Seperti kita tahu sebelumnya, setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda. Maka dari itu, ada juga orang yang hanya memberikan dampak negatif terhadap orang-orang di sekitarnya.

Teman yang hanya memberikanmu dampak negatif hanya akan membuatmu stres, lelah, dan juga amarah sekalipun. Sering kali teman yang membawa dampak negatif tidak peduli tentang apa yang sedang kamu hadapi.

4 dari 6 halaman

Seperti Hubungan Percintaan, Pertemanan Juga Terjadi Dalam Dua Arah

Layaknya hubungan percintaan, pertemanan juga memiliki timbal balik di dalamnya. Ada yang memberi, ada juga yang menerima.

Ada teman yang tulus dalam membantumu, namun ada juga yang tidak. Maka dari itu, jika hubungan pertemananmu berat sebelah, maka mungkin ini saatnya memutus hubungan dengan orang tersebut.

5 dari 6 halaman

Kualitas di Atas Kuantitas

Ilustrasi PertemananIlustrasi Pertemanan © shutterstock.com/g/aslysun

Dilihat daeri keempat alasan di atas, menunjukkan bahwa kualitas lebih berpengaruh daripada kuantitas. Teman yang sedikit lebih berpengaruh terhadap hidupmu daripada teman yang banyak.

Lebih baik punya teman sedikit namun punya koneksi yang dalam daripada banyak namun hanya sekedar kenal.

Beri Komentar