5 Tips Kendalikan Hawa Nafsu Selama Ibadah Puasa Bersama Pasangan

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 13 April 2021 16:00
5 Tips Kendalikan Hawa Nafsu Selama Ibadah Puasa Bersama Pasangan
Yuk kendalikan diri agar tahan dengan godaan dan nafsu.

Kebersamaan dengan pasangan tetap tercipta, namun ada kalanya di bulan puasa ini segala nafsu bersama pasangan setidaknya diredam terlebh dahulu. Hal ini berujuan untuk kita biar mudah menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadan. Berikut ini beberapa tips dalam mengendalikan nafsu ketertarikan dengan pasangan.

1 dari 5 halaman

1. Cari kegiatan untuk alihkan perhatian

Nafsu bisa saja muncul saat kamu memikirkan hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Oleh sebab ituu, baiknya kamu mencari kegiatan lain yang bisa mengalihkan pikiran ini. Pilihlah kegiatan harian yang sederhana namun membutuhkan fokus tinggi, seperti mengerjakan kuis yang membutuhkan pemikiran atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

2 dari 5 halaman

2. Alihkan energi

Cara lain untuk menahan nafsuadalah dengan mengalihkan energi untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan olahraga. Kamu juga bisa memilih kegiatan lain seperti mencoba belajar alat musik, yoga, atau membuat suatu kerajinan untuk menyalurkan kreativitas.

3 dari 5 halaman

3. Dalami penyebab nafsu sulit dikontrol

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Ketidakmampuan dalam mengontrol nafsu bisa jadi disebabkan oleh kondisi tertentu. Tidak hanya saat bulan puasa, jika dalam keseharian merasa kesulitan untuk mengontrol gairah, ada baiknya kamu melakukan terapi dengan ahli untuk mengetahui akar permasalahan yang menyebabkannya.

Terapi juga bisa membantu mengetahui tujuan hidup secara umum. Dengan demikian, kamu dapat mulai fokus untuk mengejar tujuan tersebut, sehingga dapat merasa lebih mudah mengontrol diri.

4 dari 5 halaman

4. Hindari kegiatan yang dapat memicu nafsu

Menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya nafsu adalah salah satu cara yang paling sederhana namun mungkin sulit dilakukan oleh beberapa orang. Cara menghindari nafsu iini isa dilakukan dengan tidak  menonton tayangan-tayangan yang mengndang nafsu atau membaca buku yang memiliki cerita yang serupa. Hindari juga objek, latar, atau sosok tertentu yang berpotensi membangkitkan hasrat.

5 dari 5 halaman

5. Perbaiki hubungan dengan pasangan

Kehidupan bercinta yang tidak baik dengan pasangan juga dapat membuat gairah tidak tersalurkan dengan baik. Hal ini dapat membuat kamu sulit untuk mengontrol nafsu yang muncul. Oleh sebab itu, diskusikan dengan baik mengenai perasaanmu maupun pasangan. Lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat kembali hubungan.

Semoga membantu ya!

 

Beri Komentar