5 Perbedaan Orang yang Benar-Benar Peduli dan Hanya Sekedar Kepo, Jangan Sampai Tertipu!

Reporter : Galang
Sabtu, 12 Februari 2022 14:06
5 Perbedaan Orang yang Benar-Benar Peduli dan Hanya Sekedar Kepo, Jangan Sampai Tertipu!
Ini bedanya orang peduli dan orang sekedar kepo

Manusia memang tidak memiliki kapasitas apapun untuk mengetahui isi hati orang lain. Namun, sebenarnya ada cara yang dapat kita gunakan untuk membedakan perlakuan orang lain kepada kita.

Sehingga kita bisa tau, apakah benar mereka peduli atau memang hanya sekedar penasaran dengan kehidupan kita.

Meskipun sebagai manusia tidak akan pernah bisa menjalani segala sesuatunya sendiri, tapi kita harus tetap selektif perkara dekat dengan seseorang. Sebab, bukan mendapat solusi, tapi justru akan menambah beban pikiran.

Lantas, bagaimana cara untuk memilih teman yang benar-benar peduli, atau sekedar kepo? Simak 5 tips dari kami.

1 dari 5 halaman

Alasan dia mengajukan pertanyaan

Ilustrasi Pasangan Ngobrol Serius © Diadona

Seorang teman yang tulus dapat diketahui dari alasan pertanyaan. Orang yang tulus murni ingin mengetahui kondisimu yang sebenarnya. Ia juga akan memberikan rasa simpati.

Sementara orang yang hannya kepo, biasanya akan bertanya demi kepuasannya sendiri. Bahkan banyak kasus, orang kepo hanya mengajukan pertanyaan untuk sekedar mengumpulkan informasi dan itu pun digunakan untuk bahan obrolan bersama orang lain.

2 dari 5 halaman

Caranya bertanya

Ilustrasi pasangan ngobrol serius © Diadona

Saat seorang benar-benar peduli denganmu, ia tidak akan memaksa dirimu untuk menjawab semua pertanyaan dan terbuka dengan cepat.

Kalau orang kepo, dia akan berusaha sekuat tenaga dan mencari cara agar informasi bisa bocor dari mulutmu.

3 dari 5 halaman

Saat mendengarkan ceritamu

Ilustrasi Pasangan Ngobrol Serius © Diadona

Perbedaan ketiga terlihat dari cara mereka mendengarkan ceritamu. Orang yang hanya sekedar ingin tahu, dia cukup berpotensi memotong dan bertanya hal-hal yang sebenarnya di luar topik cerita. Karena memang mereka tidak tertarik dengan ceritamu, dan mengutamakan rasa ingin tahunya.

Sedangkan orang yang benar-benar peduli, mereka akan bersedia menjadi pendengar yang baik tanpa memotong ceritamu sedikit pun. Mereka juga tidak akan membahas hal-hal di luar itu.

4 dari 5 halaman

Kehadirannya saat kemu membutuhkan

Ilustrasi Pasangan Ngobrol Serius © Diadona

Orang yang datang karena murni ingin mengetahui kondisimu, ia akan ada di sisimu bukan hanya saat senang, bahkan saat susah pun dia tetap ada. Mereka akan hadir dan tetap mendampingimu seperti apapun kondisinya.

Orang kepo akan terlihat ketika kamu tertimpa musibah. Mereka akan mendatangimu dan mencari keuntungan dari musibah yag menimpamu. Entah itu untuk dijadikan sebagai bahan gosip, kepuasan personal, atau sekedar iseng.

5 dari 5 halaman

Alasan ketika membantumu

Ilustrasi Orang Ngobrol © Diadona

Orang yang peduli, akan melakukan sesuatu padamu karena sejak awal itu adalah niatannya. Mereka ingin membuatmu tidak lagi berada dalam kesulitan. Selain membuatmu lebih bahagia, membantumu juga bisa membuatnya merasa lebih lega karena bisa menyalurkan kepeduliannya itu.

Sementara orang kepo biasanya ingin membantumu karena ada tujuan lain. Mungkin saja mereka ingin mendapat pujian orang lain, karena berada di sisimu saat kamu sedang berada dalam kesulitan.

Beri Komentar