5 Cara Mudah Atasi Sikap Ketergantungan dan Hobi Nempel pada Pacar

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 7 Juli 2021 14:15
5 Cara Mudah Atasi Sikap Ketergantungan dan Hobi Nempel pada Pacar
Ngerasa terlalu clingy sama pacar?

Kamu pasti pernah mendengar istilah clingy kan? Istilah clingy didefinisikan sebagai sikap atau perilaku seseorang yang selalu pengen dekat, nempel, bahkan bergantung pada orang lain. Umumnya, clingy berkaitan dengan hubungan asmara, seperti pacaran atau bahkan menikah.

Jika diamati, clingy mungkin terlihat biasa saja atau bahkan cukup manis bagi sebagian orang. Namun jika dibiarkan berlarut-larut, sikap clingy bisa membawa dampak negatif loh.

Lantas, bagaimana cara mengatasi sikap tersebut agar nggak bersifat destruktif dalam hubungan? Merangkum dari Cosmopolitan, berikut ada 5 tips yang kamu lakukan agar nggak terlalu nempel dan bergantung pada pasangan. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Sadari bahwa kamu memiliki kehidupan sendiri

Ilustrasi Me Time © Diadona

Status boleh saja menjalin hubungan, tapi jangan lupa bahwa kamu punya kehidupan sendiri yang tetap perlu dijalani. Apalagi jika kamu sering menghabiskan waktu berdua dengan pasangan, mulai dari aktivitas bareng, pulang kantor bareng, bahkan weekend bareng.

Lantas kapan kamu punya waktu untuk memperhatikan diri sendiri? Coba deh kasih waktu untuk me time karena sebenarnya kamu pasti membutuhkannya.

2 dari 6 halaman

2. Jangan lupa bersosialisasi dengan orang lain

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

Ada yang bilang, punya pacar bisa membuat seseorang kehilangan teman. Hal ini akan benar-benar terjadi jika kamu terus nempel pada pasanganmu dan nggak lagi bersosialisasi dengan teman-temanmu.

Sebaiknya luangkan waktu untuk tetap menjalin relasi dengan teman dan orang lain. Bisa via telepon, video call, atau meet up di suatu tempat. Kalau pacarmu pengertian, dia pasti mengizinkan dan nggak menghalangi kok.

3 dari 6 halaman

3. Tingkatkan kemampuan diri

Ilustrasi Perempuan Mandiri © Diadona

Sikap clingy kadang membuat kita jadi lebih suka bergantung pada pasangan. Apalagi jika pasangan 'terlalu baik hati', dia pasti sungkan menolak dan selalu berusaha memenuhi permintaanmu.

Tanpa disadari, hal ini akan membuat kamu nggak bisa berbuat apa-apa kalau dia nggak ada. So, stop lakuin hal itu dan mulailah untuk mandiri. Tingkatkan kemampuan diri supaya kamu nggak merasa kesusahan saat dia sedang nggak bisa diandalkan.

4 dari 6 halaman

4. Lakukan hobimu yang terbengkalai

Ilustrasi Melakukan Hobi © Diadona

Terlalu sering ngintilin pacar dan melakukan apa-apa harus bareng pcar juga bisa bikin kamu melupakan hobi yang kamu miliki. Untuk menghilangkan rasa clingy, coba deh kembali lakukan hobimu yang sempat tertunda.

Kabari pacar jika kamu ingin waktu luang untuk menjalani hobi. Kalau dia suportif, dia pasti mendukung kamu untuk bisa mengembangkan hobimu deh!

5 dari 6 halaman

5. Nonton series

Ilustrasi Nonton Series © Diadona

Yang satu ini mungkin bisa bikin pikiran terdistraksi sehingga kamu nggak akan kepikiran atau bahkan nempel terus pada pacar. Nonton series dengan episode yang cukup banyak bisa membantu kamu jadi lebih sibuk.

Alhasil kamu bisa fokus dengan kegiatanmu dan nggak akan menganggu si dia. Namun jangan lupa tetap memberi kabar, supaya dia nggak bingung nyari kamu ke mana yaa..

6 dari 6 halaman

Well, clingy alias nempel terus sampai bergantung pada pacar mungkin terlihat romantis. Namun, tentu aja ada dampak buruk yang bisa merugikan kamu maupun pasangan. So, stop berlaku clingy dan jadilah sosok yang mandiri supaya nggak merepotkan orang lain.

Beri Komentar