5 Cara Efektif Dalam Menghadapi Orang yang Bermuka Dua

Reporter : Yoyok
Jumat, 21 Januari 2022 06:50
5 Cara Efektif Dalam Menghadapi Orang yang Bermuka Dua
Salah satunya dengan mengkomunikasikan dengan orang tersebut.

Memiliki banyak teman atau kenalan terkadang membuat kita jadi lebih nyaman. Tapi, dari sekian banyak teman atau kenalanmu, ada gak nih yang bermuka dua?

Orang bermuka dua memiliki sifat yang bisa berubah jika tidak bersama kita. Biasanya saat bertemu dia baik dan menjadi teman yang menyenangkan. Namun, di saat tidak bersama kita, dia ngomongin hal-hal buruk kita dari belakang.

Maka dari itu, jangan kaget jika sebutannya orang bermuka, dua, karena memiliki dua tabiat yang berbeda. Dikutip dari Limone, berikut ini adalah lima cara efektif dalam menghadapi orang yang bermuka dua.

1 dari 6 halaman

Pahami Hubungan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi orang bermuka dua adalah jujur pada diri sendiri akan hubunganmu dengan orang tersebut. Pahami apakah hubunganmu dengan orang tersebut lebih banyak positif atau negatifnya.

Tinjau lagi apakah bertahan dalam lingkungan orang tersebut membuat dirimu sehat baik dari segi fisik maupun mental. Apakah membawa dampak baik padamu atau malah melukai.

Karena jika banyak negatifnya, maka kamu bisa memilih untuk melepas orang bermuka dua tersebut dari kehidupanmu.

Ilustrasi PertemananIlustrasi Pertemanan © unsplash.com/Yoel Peterson

2 dari 6 halaman

Bikin Batasan

Cara kedua yaitu membuat batasan tentang apa yang ingin kamu ceritakan padanya. Topik percakapan yang akan kamu lakukan juga menentukan sejauh mana kamu menjalin relasi dengannya.

Kamu juga perlu membatasi permasalahan orang tersebut agar tidak terlibat terlalu dalam nantinya. Karena perlu dipahami, tidak semua orang bisa menjadi teman dekat.

3 dari 6 halaman

Bantah Opini yang Terpikirkan

Jangan ikuti kata hati atau opini tentang orang tersebut yang berkeliaran di pikiranmu. Karena dengan begini, nantinya kamu tidak akan subyektif.

Selain itu, kamu juga jadi membatasi informasi simpang siur yang beredar tentang orang tersebut.

Ilustrasi PertemananIlustrasi Pertemanan © freepik.com

4 dari 6 halaman

Komunikasikan dengan Jelas

Sering kali orang bermuka dua mengambil kesimpulan terlalu cepat atau dini dari diri kita. Dan, mereka membicarakan hal yang setengah-setengah tersebut di belakang kita.

Maka dari itu, kamu bisa mengkomunikasikan dengan jelas apa yang ingin kamu sampaikan padanya. Sering kali seseorang mengambil kesimpulan dari impresi semata yang belum tentu faktanya.

5 dari 6 halaman

Konfrontasi dengan Cara Asertif

Jika kamu sudah tidak tahan dengan sikapnya yang bermuka dua, maka kamu bisa mengkonfrontasinya. Namun, lakukan dengan cara asertif.

Sampaikan bahwa sikap bermuka duanya tersebut membuatnya tidak nyaman atau tersinggung. Dengan begini, ia akan mengerti bahwa sikap bermuka duanya telah diketahui dan tidak membuatmu nyaman.

Ilustrasi Pertemanan ToxicIlustrasi Pertemanan Toxic © shutterstock.com/9nong

Beri Komentar