10 Trik untuk Mencari Tahu Siapa Orang yang Dapat Kamu Percayai di Tempat Kerja

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 30 Januari 2020 07:00
10 Trik untuk Mencari Tahu Siapa Orang yang Dapat Kamu Percayai di Tempat Kerja
Mampu memercayai rekan kerjamu sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Mengetahui bahwa kolegamu ada di sana untuk membantumu keluar dari krisis.

Sayangnya, tidak setiap kolega dapat dipercayai rahasia, dan sepuluh trik berikut akan membantumu mengidentifikasi orang-orang yang kurang dapat dipercaya. Tidak mudah menemukan rekan kerja yang dapat kamu percayai, tetapi selalu ada kesempatan.

1 dari 10 halaman

1. Hemat Informasi Tentang Dirimu

Jika kamu baru memulai pekerjaan baru atau menjadi anggota yang baru bergabung dengan tim, jangan pernah mengungkapkan terlalu banyak tentang dirimu sampai kamu benar-benar yakin tentang siapa yang dapat kamu percayai. Jika kamu menyebutkan kepada seseorang bahwa kamu berpikir untuk berganti pekerjaan dan mereka membawa informasi itu kembali ke atasanmu, itu bisa menciptakan lingkungan kerja yang sangat tidak nyaman bagimu.

2 dari 10 halaman

2. Perhatikan Gosip yang Ada di Kantor

Jika kolegamu terus-menerus bergosip kepadamu tentang manajer, rekan kerja, dan temanmu, maka yakinlah bahwa mereka juga berbicara tentang dirimu di belakang. Gosip kantor adalah bagian dari kehidupan kerja dan biasanya tidak berbahaya. Namun, jika kamu mendapati diri sedang menerima gosip jahat, itu bisa membuat kehidupan kerjamu akan tak tertahankan.

3 dari 10 halaman

3. Lakukan Pengamatan

Sebelum mempercayai seseorang di tempat kerja dengan pekerjaan penting atau informasi yang berharga, pastikan mereka tidak memiliki sejarah mengecewakan orang. Jika seseorang memiliki reputasi sebagai orang tidak dapat diandalkan, maka mungkin ada alasan di balik itu semua.

4 dari 10 halaman

4. Jangan Mengungkap Terlalu Banyak

Hindari memberi tahu orang lebih dari yang seharusnya. Simpan detail tentang kehidupan pribadimu untuk diri sendiri, dan jangan pernah mengkritik atasan atau rekan kerjamu kepada orang lain di perusahaan atau kantor. Jika kamu menemukan bahwa salah satu rekan kerjamu telah merusak kepercayaan, itu akan jauh lebih merusak jika mereka tidak memiliki banyak informasi pribadi tentangmu, jadi kamu akan tetap aman.

5 dari 10 halaman

5. Simpan Kata-Kata Kasar untuk Teman dan Keluarga

Kita semua perlu melepaskan kekesalan yang menumpuk dari waktu ke waktu, tetapi kata-kata yang kita katakan dalam kemarahan dapat menjadi masalah jika kamu tidak berhati-hati. Kamu mungkin merasa ingin berhenti dari pekerjaan setelah hari yang sangat sulit, tetapi kamu tidak ingin informasi itu sampai ke atasanmu bukan?

6 dari 10 halaman

6. Amati Interaksi Rekan Kerja dengan Orang Lain

Kamu dapat mempelajari semua yang perlu kamu ketahui hanya dengan duduk dan mengamati interaksi rekan kerjamu. Jika kamu memperhatikan bahwa sebagian besar kolegamu cenderung mendekati orang yang sama untuk mendapatkan bantuan dan saran, maka ini adalah tanda yang pasti bahwa orang tersebut layak kamu percayai.

7 dari 10 halaman

7. Ingat kepada Mereka yang Membantumu Melalui Masa-Masa Sulit

Jika seseorang di pekerjaan membantumu melalui fase yang sangat sulit, maka ingatlah untuk menunjukkan rasa terima kasihmu dan menawarkan untuk membalas budi sesegera mungkin. Membantu orang lain melalui kesulitan adalah cara yang bagus untuk memperkuat persahabatan dan membangun koneksi yang lebih kuat.

8 dari 10 halaman

8. Pahami Siapa yang Hanya Bisa Bicara, dengan Siapa yang Benar-Benar Melakukannya

Seorang kolega yang suka terus-menerus membual tentang prestasi mereka sebelumnya tetapi tampaknya tidak pernah benar-benar melakukan sesuatu, biasanya menderita beberapa jenis rasa tidak aman. Meskipun ini tidak membuat mereka tidak dapat dipercaya, ini mungkin menandakan bahwa mereka kompetitif dan mungkin mencoba untuk lebih darimu.

9 dari 10 halaman

9. Carilah Orang yang Tulus dan tidak Munafik

Beberapa orang adalah mentor alami yang benar-benar ingin melihat rekan kerja mereka berhasil. Kamu mungkin memperhatikan bahwa orang tertentu di kantor akan selalu siap untuk membantu proyek-proyek baru atau menawarkan pundak untuk menangis ketika keadaan menjadi sulit. Mereka yang menempatkan orang lain di atas diri mereka sendiri sering kali adalah yang paling dapat dipercaya.

10 dari 10 halaman

10. Perhatikan Tanda-Tanda Ketidakjujuran

Orang yang menggali informasi atau mencoba melibatkanmu dalam gosip biasanya adalah orang-orang yang sebenarnya hanya mengulangi apa pun yang kamu katakan kepada mereka. Hindari mereka yang tampaknya lebih tertarik pada politik kantor daripada menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

Jika kamu menemukan bahwa seseorang di tempat kerja telah merusak kepercayaanmu, itu bisa membuat kamu enggan menaruh kepercayaan pada rekan kerja lainnya. Membangun hubungan yang solid dengan rekan kerja adalah hal yang sangat penting karena kamu perlu bekerjasama dengan mereka setiap hari. Pastikan untuk mengetahui dengan tepat siapa yang dapat kamu percayai sebelum berbagi informasi berharga dengan rekan kerja.

Beri Komentar