Waspada Moms, Ini Bahaya Kekurangan Kalsium saat Masa Kehamilan!

Reporter : Mila
Senin, 30 Mei 2022 11:57
Waspada Moms, Ini Bahaya Kekurangan Kalsium saat Masa Kehamilan!
Kekurangan kalsium pada ibu hamil bisa memicu sejumlah gangguan kesehatan.

Kecukupan nutrisi selama kehamilan adalah hal yang penting. Termasuk, kecukupan kalsium setiap harinya. Kenapa? Karena kekurangan kalsium pada ibu hamil bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan serius, baik ibu maupun sang bayi.

Apa saja risikonya dan bagaimana agar kalsium terpenuhi? Langsung simak sama-sama yuk Moms!

1 dari 4 halaman

Kekurangan Kalsium Berisiko Osteoporosis

Melansir Klikdokter, menurut dr. Reza Fahlevi, pada masa kehamilan, Moms membutuhkan kalsium yang lebih tinggi. Fungsinya untuk pembentukan tulang janin.

" Jika konsumsi kalsium bumil rendah, pembentukan tulang janin akan diambil dari cadangan kalsium ibu. Hal ini akan menyebabkan sang ibu rentan mengalami osteoporosis," Dokter Reza menambahkan.

2 dari 4 halaman

Kekurangan Kalsium Bisa Berisiko Hipertensi Saat dan Setelah Hamil

Kurangnya kalsium pada ibu hamil bisa menyebabkan hipertensi. Preeklampsia, eklampsia, dan hipertensi saat kehamilan sangat berhubungan dengan gangguan metabolisme kalsium.

Preeklampsia cenderung ditemukan di negara-negara dengan asupan kalsium harian yang rendah. Oleh karena itu, kurangnya kalsium bagi ibu hamil akan berdampak pada preeklampsia.

3 dari 4 halaman

Kalsium yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per hari. Artinya, Moms harus mengonsumsi empat porsi makanan kaya kalsium setiap hari. 

Sebagian besar vitamin prenatal tidak memiliki kandungan cukup kalsium untuk memenuhi kebutuhan 1000 mg kalsium. Oleh karena itu, Moms bisa menambahkan konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dengan baik. 

Selain susu, konsumsi secangkir yoghurt rendah lemak untuk sarapan. Untuk makan malamnya, taburi mozzarella pada pasta gandum utuh yang dimasak sesuai selera. Asupan ini sudah memenuhi setengah dari dosis kebutuhan kalsium harian ibu hamil.

Beri Komentar