Berencana Melahirkan dengan Proses Water Birth? Simak Dulu Persiapannya!

Reporter : Mila
Senin, 16 Mei 2022 09:57
Berencana Melahirkan dengan Proses Water Birth? Simak Dulu Persiapannya!
Moms yang akan melakukan water birth wajib paham nih.

Mungkin sudah banyak yang familiar water birth. Itu adalah proses persalinan yang dilakukan di bak air hangat. Dimana bayi sudah berada di kantung cairan ketuban selama sembilan bulan.

Melansir Tommys.org, melahirkan di dalam air adalah pilihan bagi Moms kalau pernah mengalami kehamilan berisiko rendah. Menurut bidan dan atau dokter, water birth terbilang aman untuk ibu dan bayi.

Tapi, sebelum menjalaninya, ada beberapa persiapan yang mungkin harus Moms lakukan demi kelancaran proses persalinan. Apa saja?

1 dari 4 halaman

Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Moms mungkin tidak diperbolehkan untuk melakukan water birth kalau punya salah satu faktor risiko seperti posisi bayi sungsang atau mengalami pre-eklampsia. Hal itu karena kemungkinan akan sulit untuk mengeluarkan Moms dari kolam dengan aman dalam keadaan darurat. Terutama apabila terdapat infeksi, Moms berisiko menularkannya ke bayi di dalam air. 

Oleh karena itu, lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang akan mengawasi proses persalinan. Dimana dokter berperan besar sepanjang sebelum dan sesudah proses melahirkan.

2 dari 4 halaman

Tentukan Tempat Water Birth

Sebaiknya Moms memilih tempat terbaik saat melahirkan nanti. Biasanya metode water birth dilakukan di rumah sakit dengan bantuan dokter kandungan.

Kalau tidak dilakukan di rumah sakit terdekat, Moms mungkin harus melakukannya di rumah atau pergi ke klinik bersalin yang bisa menyediakan fasilitas water birth

3 dari 4 halaman

Persiapan Lainnya

Ini adalah beberapa hal lain yang perlu Moms siapkan antara lain:

  • Memiliki profesional perawatan kesehatan berlisensi yang berpengalaman dengan cadangan dokter untuk membantu Mama melalui proses water birth.
  • Terdapat sandar tinggi untuk memastikan bak mandi bersih dan terawat dengan baik.
  • Langkah-langkah pengendalian infeksi yang tepat tersedia.
  • Isi bak dengan air hangat dan tunggu sampai dokter atau bidan datang sebelum masuk ke dalam bak.
  • Suhu air diatur dengan baik, biasanya 97-100 F.
  • Siapkan air minum dan lap bersih untuk mencegah dehidrasi saat melahirkan.
  • Mama dan bayi dipantau dengan benar saat berada di bak mandi sesuai kebutuhan.

Beri Komentar