Nggak Cuma Wanita, Obesitas pada Pria Juga Bisa Bikin Susah Punya Anak lho!

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 20 Juli 2020 07:30
Nggak Cuma Wanita, Obesitas pada Pria Juga Bisa Bikin Susah Punya Anak lho!
Simak selengkapnya di sini, yuk!

Berat badan memang sedikit banyak berpengaruh ya Moms dalam kesehatan. Banyak yang mengaitkan bahwa kelebihan badan pada wanita saja yang bisa menyebabkan susah hamil. Nyatanya, nggak lho Moms.

Nggak hanya wanita, kelebihan berat badan atau obesitas pada pria juga sebabkan wanita susah hamil. Kenapa?

1 dari 3 halaman

Menurut ahli, berat badan pria juga berpengaruh sekaligus menyumbang sekitar sepertiga dari kasus infertilitas.

" Jika seorang wanita kelebihan berat badan atau obesitas peluangnya untuk hamil turun. Tapi, butuh dua orang (pria dan wanita) untuk menghasilkan bayi," jelas Rajeshwari Sundaram, peneliti senior di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development di Bethesda, Maryland.

Seperti halnya wanita, pria yang obesitas juga ikut berkontribusi dalam masalah infertilitas ini.

2 dari 3 halaman

Testosteron Lebih Sedikit

Ilustrasi ObesitasIlustrasi Obesitas © pinterest.com

" Jika kedua orang tua mengalami obesitas maka peluang mereka untuk bisa punya anak dalam setiap siklus yang diberikan adalah 55% lebih rendah daripada orang-orang dengan BMI normal," sambungnya.

Pria yang kelebihan berat badan atau obesitas cenderung memiliki testosteron lebih sedikit daripada pria yang berat badannya sehat.

Kurangnya testosteron ini bisa menyebabkan sperma berkualitas lebih rendah, Moms, yang membuat mereka lebih sulit menemukan dan membuahi sel telur. Nggak hanya itu, penurunan testosteron juga bisa membuat pria merasa lelah dan mengurangi libido.

3 dari 3 halaman

Efek Buruk Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas juga meningkatkan risiko mengembangkan masalah kesehatan lainnya lho Moms yang bisa menyebabkan disfungsi ereksi, termasuk juga penyakit jantung, diabetes, peningkatan tekanan darah dan peningkatan kolesterol.

Terlepas dari itu semua, para ahli sepakat bahwa berat badan merupakan salah satu bagian dari upaya mengatasi masalah kesuburan. So, akan lebih baik bila kita maupun pasangan lebih memerhatikan berat badan.

Nah, Moms dan pasangan bisa nih membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana misalnya, seperti mengurangi makanan berlemak dan berolahraga. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar