5 Mitos Operasi Caesar yang Banyak Dipercaya, Ini Faktanya Moms!

Reporter : Mila
Senin, 29 November 2021 11:57
5 Mitos Operasi Caesar yang Banyak Dipercaya, Ini Faktanya Moms!
Nyatanya tidak seperti itu lho.

Banyak calon Moms yang mengidam-idamkan melakukan persalinan secara normal. Tapi, kalau tidak memungkinkan tak ada salahnya kok untuk melakukan operasi caesar.

Operasi caesar ternyata bermanfaat bagi calon Moms untuk mengurangi risiko karena melahirkan bayi kembar, sungsang, terlalu besar dan pembukaan yang lambat. Tak hanya itu, caesar juga berguna kalau Moms punya riwayat kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, herpes, HIV dan masalah pada plasenta.

Sayangnya, banyak sekali rumor dan mitos yang beredar tentang operasi caesar yang malah membuat para Moms khawatir. Yuk, kupas satu-satu di artikel berikut!

1 dari 5 halaman

Caesar Membuat ASI Susah Keluar

Ilustrasi Bayi Baru Lahir © Diadona

Nyatanya, semua Moms yang baru melahirkan bisa mengalami kesulitan untuk mengeluarkan ASI, termasuk yang bersalin secara normal. Inisiasi menyusui dini (IMD) bisa dilakukan di ruang operasi. Moms pun bisa meminta obat pereda rasa nyeri saat memberikan ASI pada bayi pertama kalinya. 

2 dari 5 halaman

Persalinan Caesar Lebih Mudah daripada Normal

Melahirkan secara normal ataupun caesar punya kesulitannya masing-masing. Perlu diketahui, Moms yang bersalin dengan operasi caesar akan menjalani proses pembedahan sebesar 7 cm untuk melahirkan bayi seberat kurang lebih 3,5 kg. Tentunya bukanlah perkara mudah. Belum lagi Moms akan merasakan nyeri pascaoperasi yang memerlukan waktu pulih yang lama.

3 dari 5 halaman

Sistem Kekebalan Bayi dengan Operasi Caesar Lebih Lemah

Ilustrasi Bayi Baru Lahir © Diadona

Daya tahan tubuh atau imun bayi ternyata tidak berkaitan dengan caranya dilahirkan. Adapun yang berpengaruh adalah usia kehamilan dan pemberian ASI.

4 dari 5 halaman

Sekali Operasi Caesar, Tidak akan Bisa Melahirkan Normal Lagi

Faktanya, Moms yang sudah melakukan operasi caesar masih bisa kok untuk melakukan persalinan normal ke depannya. Tentu saja, hal itu perlu dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Biasanya, persalinan normal memungkinkan setelah dua tahun setelah operasi caesar. 

5 dari 5 halaman

Jadwal Persalinan Caesar Bisa Diatur Sesuka Hati

Ilustrasi Hamil © Diadona

Banyak yang berpikir bahwa operasi caesar bisa membuat calon orangtua bisa menentukan tanggal lahir sang buah hati. Tapi, sebenarnya tidak boleh sembarangan loh. Penting juga untuk memperhatikan usia janin dan kondisinya. Untuk itu, tetaplah rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Gimana, sudah paham kan Moms? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar