Tidak Kalah Penting dari yang Pertama, Ini 5 Persiapan untuk Kehamilan Anak Kedua

Reporter : Mila I
Selasa, 20 September 2022 10:57
Tidak Kalah Penting dari yang Pertama, Ini 5 Persiapan untuk Kehamilan Anak Kedua
Wajib simak Moms!

Melihat anak pertama yang sudah semakin besar, biasanya muncul keinginan untuk memiliki anak lagi. Karena sudah punya pengalaman hamil sebelumnya, Moms jadi lebih percaya diri dan siap untuk kehamilan anak kedua.

Tapi, bukan berarti kehamilan kedua tidak punya risiko. Oleh karena itu, agar kehamilan kedua juga bisa berjalan dengan lancar, penting untuk Moms memperhatikan tips-tips berikut ini.

1 dari 6 halaman

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Kehamilan Anak Kedua

Sejumlah penelitian menyarankan Moms untuk menunggu sekitar 18–23 bulan setelah melahirkan anak pertama, untuk kehamilan anak kedua. Waktu jeda ini dibutuhkan agar tubuh Moms lebih siap untuk mengandung anak kedua, sehingga bayi nantinya bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Kalau Moms melahirkan anak pertama dengan proses normal, maka perlu menunggu minimal setahun untuk kehamilan berikutnya. Sedangkan bagi Moms yang menjalani persalinan caesar, ibu membutuhkan dua tahun untuk memulihkan kondisi tubuh.

2 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Bergizi

Selama menunggu waktu jeda tersebut, Moms bisa bisa memanfaatkannya dengan memulihkan kondisi tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Moms juga dianjurkan untuk mengonsumsi protein hewani, seperti daging-dagingan dan protein nabati, misalnya kacang kedelai atau kacang polong yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Menjaga berat badan juga perlu dilakukan agar ibu terhindar dari diabetes dan obesitas saat menjalani kehamilan anak kedua.

3 dari 6 halaman

Konsultasi dengan Dokter

Meskipun hamil anak kedua akan terlihat lebih mudah, tetapi Moms sebaiknya tidak memaksakan diri kalau kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

Dalam sebuah penelitian di Australia, 94 persen wanita mengeluhkan masalah kesehatan pada 6–7 bulan pasca melahirkan. Di antaranya adalah sakit punggung, masalah seksual, wasir, nyeri perineum dan inkontinensia urine. 

Jadi, sebaiknya membicarakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi fisik dan psikis Moms siap menjalani program hamil anak kedua.

4 dari 6 halaman

Pertimbangkan dari Segi Usia

Kalau usia Moms di bawah 30 tahun dan tidak memiliki masalah kesehatan, maka perencanaan program hamil bisa lebih leluasa dilakukan bersama dokter.

Tapi, kalau Moms berusia 38 tahun dan berencana ingin punya dua anak lagi, Moms tidak bisa leluasa mengatur jarak kehamilan sesuai jarak yang ideal.

5 dari 6 halaman

Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan kekuatan yang Moms perlukan untuk menjaga Si Kakak sambil menjalani kehamilan kedua. Jadi, lakukanlah olahraga ringan yang paling ibu sukai, seperti yoga, berenang, atau sekedar berjalan santai sambil mendorong Si Kakak di dalam stroller.

Beri Komentar