Sulit Hamil? Bisa Coba Meditasi Kesuburan nih, Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 13 Januari 2022 11:57
Sulit Hamil? Bisa Coba Meditasi Kesuburan nih, Moms!
Begini cara melakukannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Salah satunya adalah dengan meditasi kesuburan.

Seperti yang kita tahu, meditasi punya banyak manfaat. Misalnya, seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan yang terakhir adalah meningkatkan kesuburan. Meditasi untuk kesuburan membantu melepaskan hormon tertentu yang digunakan untuk memperpanjang umur sel telur perempuan, juga meningkatkan hormon 'cinta'.

1 dari 4 halaman

Cara Kerja Meditasi Secara Umum

Ilustrasi MeditasiIlustrasi Meditasi © Shutterstock

Meditasi adalah praktik kuno yang digunakan untuk membantu menemukan hubungan yang lebih dalam dengan spiritualitas diri. Kemudian, banyak orang Barat berlatih meditasi untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

Seperti keterampilan apa pun, meditasi harus dipelajari. Tidak ada benar dan salah, tetapi kita bisa meningkatkan meditasi seiring waktu.

Konsepnya sederhana: duduk diam tanpa gangguan, dan menjernihkan pikiran. 

Di sinilah 'perhatian' masuk. Perhatian hanya berada pada saat ini, tidak terpaku pada masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan. Perhatian penuh memungkinkan kita menghargai di mana kita berada, apa yang kita lakukan, dan apa yang terjadi di sekitar kita saat ini.

2 dari 4 halaman

Meditasi untuk Meningkatkan Kesuburan

Ilustrasi MeditasiIlustrasi Meditasi © Shutterstock

Alasan banyak laki-laki dan perempuan beralih ke meditasi untuk membantu kesuburan adalah karena mengurangi stres. Efek stres bisa membahayakan seluruh tubuh, termasuk kualitas sperma dan siklus menstruasi.

Dengan bermeditasi, kita bisa menurunkan kadar hormon stres kortisol, membantu memperbaiki keseimbangan dan membiarkan tubuh kita menyembuhkan dirinya sendiri.

Bahkan, ada beberapa ilmu pengetahuan yang mendukungnya:

  • Meditasi membantu melepaskan hormon DHEA, hormon seks yang diproduksi oleh kelenjar adrenal yang memperpanjang umur telur pada perempuan.
  • Meditasi juga membantu melepaskan oksitosin, yang umumnya dianggap sebagai 'hormon cinta', membantu pasangan untuk terikat dan hamil secara alami.

3 dari 4 halaman

Teknik Mindfulness untuk Kesuburan

Ilustrasi MeditasiIlustrasi Meditasi © Shutterstock

Moms dan pasangan bisa berlatih mindfulness untuk meningkatkan kesuburan, duduk diam dan mencatat setiap proses dalam tubuh sambil membuang pikiran negatif.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Visualisasi untuk kesuburan
    Kalau Moms percaya pada hukum tarik-menarik, maka Moms bisa mencoba visualisasi. Membayangkan diri hamil atau menggendong bayi bisa membantu mewujudkan apa yang diinginkan.
  • Mantra untuk kesuburan
    Selain visualisasi, mantra bisa membantu mendapatkan kerangka berpikir positif untuk konsepsi. Daripada 'menginginkan' bayi, cobalah 'menyambut' bayi sebagai gantinya, menggunakan kata kunci seperti 'kesuburan' saat mengatakan pada diri sendiri bahwa inilah yang akan Moms miliki.

Beri Komentar