Sering Minum Soda saat Hamil? Kenali Risikonya Dulu yuk Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 17 Agustus 2020 09:30
Sering Minum Soda saat Hamil? Kenali Risikonya Dulu yuk Moms
Apa aja sih bahayanya?

Memperhatikan asupan makanan dan minuman selama kehamilan tentu penting ya Moms. Pastinya sebagai calon orang tua, kita ingin buah hati berkembang dengan baik selama dalam kandungan.

Banyak yang mengatakan bila sebaiknya ibu hamil membatasi bahkan menghindari minuman bersoda. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan Moms. Minuman bersoda memang memiliki berbagai risiko bila dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil.

Apa saja sih risikonya? Yuk, kita simak ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 5 halaman

Meningkatkan Risiko Cacat Lahir

ilustrasi bayi © Diadona

Minuman bersoda mengandung pemanis buatan Moms yang biasanya salah satunya adalah aspartam. Studi mengungkapakan bahwa mengonsumsi aspartam selama kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan cacat. Tapi, hal ini masih perlu studi lebih lanjut Moms.

2 dari 5 halaman

Berdampak pada Perkembangan Motorik Anak

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Mengonsumsi soda saat hamil ini juga berdampak pada motorik anak nantinya Moms. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi banyak gula, terutama gula dalam soda, cenderung memiliki anak dengan ingatan yang lemah dan kemampuan pemecahan masalah yang buruk.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Risiko Berat Lahir Bayi yang Rendah

Ilustrasi Bayi di Bedong © Diadona

Selain pemanis buatan, salah satu alasan membatasi konsumsi soda selama kehamilan yakni adanya kandungan kafein Moms. Nah, kafein ini nggak boleh dikonsumsi secara berlebihan selama kehamilan karena bisa menembus plasenta dan memengaruhi perkembangan janin.

Konsumsi kafein yang berlebihan ini bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah sampai dengan cacat lahir.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Risiko Obesitas pada Ibu

Ilustrasi ibu hamil obesitas © Diadona

Nggak hanya mengandung gula, minuman soda juga mengandung kalori yang tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini bisa menyebabkan berat badan naik yang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes gestasional.

Kenaikan berat badan ini juga bisa meningkatkan risiko komplikasi kelahiran lainnya Moms seperti persalinan prematur, risiko keguguran, sampai risiko kelebihan berat badan pada bayi.

5 dari 5 halaman

Risiko Mengalami Keguguran

ilustrasi keguguran © Diadona

Kafein dalam soda juga bisa meningkatkan risiko Moms mengalami keguguran. Penelitian yang dilakukan oleh American Pregnancy Association menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein, bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Jadi, akan lebih baik bila Moms membatasi mengonsumsi soda atau malah menghindari soda selama kehamilan. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar