Makan Nanas dan Minum Soda sekaligus saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos atau Fakta sih?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 26 Agustus 2020 14:30
Makan Nanas dan Minum Soda sekaligus saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos atau Fakta sih?
Bener nggak ya?

Mungkin kita sering mendengar ya banyak mitos tentang kehamilan yang muncul di sekitar kita. Seperti bila ibu hamil ngidam harus dituruti agar sang anak nantinya nggak ngileran. Moms pasti sudah familiar ya dengan mitos ini?

Selain mitos tentang ngidam, ada lagi nih mitos yang populer di masyarakat tentang kehamilan. Yup, makan buah nanas dan minum soda sekaligus. Bila ibu hamil makan nanas sekaligus minum soda dipercaya bisa sebabkan keguguran.

Kira-kira hal ini fakta atau hanya sekadar mitos ya, Moms? Cari tahu jawabannya di sini yuk!

1 dari 4 halaman

Jus Nanas © Diadona

Melansir dari Hello Sehat, dari sisi medis, faktanya hal ini hanya mitos Moms. Makan nanas dan minum soda sekaligus nggak akan menyebabkan Moms mengalami keguguran. Baik soda ataupun nanas sebenarnya aman-aman saja dikonsumsi saat hamil.

Hanya saja Moms perlu memerhatikan porsinya dan jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan ya.

Memang, nanas sendiri mengandung senyawa bromelain yang bekerja dengan memecah protein dalam tubuh. Nah, karena janin yang baru tumbuh masih mengandung sel protein yang sederhana, kandungan bromelain ini diduga bisa menyebabkan pendarahan dan keguguran.

2 dari 4 halaman

Nanas Aman Dikonsumsi

Sebenarnya, dugaan ini nggak seratus persen salah sih Moms. Karena, mengonsumsi tablet bromelain nggak disarankan saat hamil karena bisa memecah protein dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan pendarahan.

Bila Moms mengonsumsi satu atau dua buah nanas dalam seminggu, hal ini nggak akan memberikan efek buruk pada bayi kok Moms. Kecuali bila Moms mengonsumsi 7 sampai 10 buah nanas dalam sekali waktu. 

3 dari 4 halaman

Soda Tak Menyebabkan Keguguran

Ilustrasi ibu hamil minum soda © Diadona

Begitu juga dengan soda Moms. Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum soda selama kehamilan bisa sebabkan keguguran, tapi mengonsumsi soda terlalu banyak bisa berdampak buruk pada perkembangan janin.

Apalagi soda juga mengandung berbagai zat yang memiliki efek buruk pada perkembangan bayi seperti kafein, aspartam, asam karbonat, dan lainnya. Aspartam sendiri bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Beri Komentar