Tak Percaya Diri Punya Flek Setelah Hamil? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 26 Agustus 2020 11:08
Tak Percaya Diri Punya Flek Setelah Hamil? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya
Baiknya simak penjelasan lebih lanjut moms

Banyak tanda-tanda kehamilan yang membuat ibu kurang percaya diri, selain stretch mark, flek di wajah juga salah satu penyebab ibu tidak percaya diri pasca melahirkan. Flek hitam tersebut, biasanya terlihat di area sekitar pipi, hidung, dahi, bibir atas, dagu, hingga leher. Kondisi ini disebut dengan chloasma.

Lalu, apa sih penyebab flek dan juga bagaimana sih cara menghilangkannya?

 

1 dari 2 halaman

Penyebab Flek pada Ibu Hamil

Sebenarnya, penyebab flek selama atau setelah kehamilan masih belum diketahui secara lanjut, namun banyak teori yang mengatakan bahwa akibah dari terlalu meningkatnya hormon pada ibu hamil, flek pada ibu hamil disebabkan oleh melankosit atau sel yang kemudian menghasilkan terlalu banyak warna. 

" Setiap perubahan dalam hormon Anda, seperti menggunakan alat kontrasepsi atau sedang hamil dapat memicu melasma," kata Elin Raymond, OB/GYN di Toronto, dikutip dari Today's Parent

2 dari 2 halaman

Cara Menghilangkan Flek

Meskipun timbul flek pada kehamilan adalah sesuatu yang wajar, hal tersebut sangat ditakutkan oleh ibu hamil. Sebenarnya flek akan memudar dengan sendirinya moms. Dikutip dari Made for Mums, flek hitam mulai memudar setelah melahirkan lantaran kadar hormon estrogen mulai kembali normal, namun memang membutuhkan waktu.

Ibu juga harus berhati-hati dengan paparan sinar matahari (UV) agar flek tidak semakin memburuk, pakailah sunblock SPF30 sampai50+ untuk melindungi kulit ya.

Semoga membantu!

Beri Komentar