Sering Jadi Tanda Awal, Sebenarnya Bisa Nggak sih Ibu Hamil Alami Keguguran Tanpa Pendarahan?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 15 Juli 2020 17:30
Sering Jadi Tanda Awal, Sebenarnya Bisa Nggak sih Ibu Hamil Alami Keguguran Tanpa Pendarahan?
Cari tahu di sini yuk, Moms.

Saat keguguran kebanyakan ibu hamil bakal mengalami pendarahan. Memang, pendarahan biasanya jadi tanda awal ibu mengalami keguguran. Meski begitu, bukan berarti semua pendarahan berarti keguguran ya Moms.

Tapi sebenarnya bisa nggak sih kita mengalami keguguran tanpa pendarahan? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

ilustrasi keguguran © Diadona

Jawabannya bisa, Moms.

Melansir dari Medical News Today, keguguran bisa saja terjadi tanpa ada pendarahan atau gejala lainnya bisa muncul lebih dulu, Moms.

Keguguran biasanya paling umum terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan. Tapi tenang Moms, risikonya bakal terus menurun kok seiring dengan perkembangan kehamilan.

Penting diingat Moms bahwa keguguran nggak selalu melibatkan pendarahan. Faktanya, seorang wanita mungkin nggak mengalami gejala apa pun saat mengalami keguguran dan baru tahu ketika USG.

2 dari 3 halaman

Kenapa sih bisa terjadi pendarahan saat keguguran?

Pendarahan selama keguguran ini terjadi saat rahim kosong, Moms. Dalam beberapa kasus, bila janin yang ada dalam kandungan meninggal tapi rahim nggak kosong, hal ini yang menyebabkan kita nggak mengalami pendarahan saat keguguran Moms.

Menurut American Pregnancy Association, sebagian besar keguguran biasanya terjadi pada 13 minggu pertama kehamilan. Sementara keguguran pada trimester kedua sangat jarang terjadi, Moms.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Keguguran © Diadona

Lalu, apa aja sih tanda-tandanya bila kita mengalami keguguran tanpa pendarahan?

Diantaranya Moms mengalami sakit punggung, gerakan janin terasa lambat atau berhenti, tes kehamilan yang menunjukkan hasil negatif mual, muntah, atau diare, dan lainnya.

Bila mengalami hal ini sangat dianjurkan Moms segera ke dokter ya agar mendapat perawatan lebih lanjut. Semoga membantu.

Beri Komentar