Saat Hamil Muda, Boleh Nggak sih Kita Tidur Tengkurap?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 12 Juli 2020 07:30
Saat Hamil Muda, Boleh Nggak sih Kita Tidur Tengkurap?
Boleh nggak ya kira-kira?

Saat hamil, banyak hal yang perlu kita perhatikan ya. Posisi tidur jadi salah satunya. Banyak dari kita yang kadang merasa was-was bila tidur tengkurap di awal kehamilan.

Sebenarnya aman nggak sih bagi ibu hamil untuk tidur dengan posisi tengkurap di trisemester awal? Cari tahu di bawah ini yuk, Moms.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi tidur tengkurap © Diadona

Melansir dari Bounry Parents, tidur dengan posisi tengkurap di awal kehamilan bisa dibilang aman kok Moms bagi bayi. Posisi ini umumnya juga nyaman bagi ibu.

" Pada awal kehamilan, sampai kamu memiliki tonjolan yang cukup besar, tidur tengkurap aman dan umumnya nyaman," terang Bidan dan Duta Besar Philips Avent, Liz Wilkes.

Tapi tentu saja, jika perut kita sudah semakin membesar hal ini secara sendirinya kita bakal merasa nggak nyaman. Meski menurut Liz sebenarnya hal ini dirasa cukup aman.

2 dari 3 halaman

Hindari Tidur Telentang

" Setelah perut membesar, itu (tidur dengan tengkurap) tidak praktis tetapi tidak berbahaya. Beberapa wanita akan menggunakan guling untuk tengkurap dan ini sangat aman," sambungnya.

Malah sebenarnya, tidur dengan posisi telentang lah yang nggak aman bagi ibu hamil. Kenapa? Karena kemungkinan rahi yang sedang tumbuh akan menekan pembuluh darah besar yang memompa darah dari jantung ke tubuh bagian bawah, termasuk juga janin.

Kadang, saat awal kehamilan terutama bagi Moms yang belum pernah hamil sebelumnya, ada beberapa alasan yang menjadikan Moms jadi sulit tidur. Bila seperti itu, sangat direkomendasikan bagi Moms untuk membuat jadwal tidur setiap harinya.

3 dari 3 halaman

Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Karena, tidur yang cukup sangat diperlukan bagi ibu hamil. Dilansir dari New Parents, sebuah studi mengungkapkan kurang tidur saat hamil bisa menganggu sistem kekebalan ibu yang bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang dan lainnya.

Jadi, bila Moms merasa nyaman tidur dengan posisi tengkurap di trisemester awal kehamilan, Moms nggak perlu khawatir karena hal ini nggak berbahaya bagi bayi. Semoga membantu.

Beri Komentar