Sedang Merencanakan Kehamilan? Ini 5 Hal yang Perlu Calon Orang Tua Perhatikan

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 4 Oktober 2020 06:30
Sedang Merencanakan Kehamilan? Ini 5 Hal yang Perlu Calon Orang Tua Perhatikan
Apa aja ya Moms?

Banyak pasangan yang biasanya ingin segera memiliki buah hati setelah menikah. Karena itu, nggak sedikit dari mereka yang mulai mempersiapkan program kehamilan. Tapi, sebelum melakukan program kehamilan alias promil, mempersiapkan kesehatan ibu dan calon bayi juga nggak kalah penting lho Moms.

Perencanaan kehamilan yang lebih matang bisa mengurangi risiko ibu dan calon bayi mengalami komplikasi selama kehamilan. Untuk itu, apa aja sih yang perlu diperhatikan dan persiapkan calon orang tua yang sedang merencanakan kehamilan?

Melansir dari Halodoc, berikut 5 hal yang perlu Moms dan pasangan perhatikan.

1 dari 6 halaman

Mengonsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Mempersiapkan tubuh untuk menunjang kehamilan nggak kalah penting Moms. Salah satu caranya yakni dengan mengonsmsi makan sehat. Makanan sehat ini bisa Moms peroleh dari biji-bijian, kacang-kacangan, atau daging. Disarankan agar calon ibu mengonsmsi sayuran dan buah sebagai menu makanan wajib. Selain itu, lengkapi gizi tubuh dengan makanan tinggi kalsium seperti susu.

2 dari 6 halaman

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan juga memengaruhi lho Moms. Seseorang yang memiliki berat badan ideal cenderung akan lebih mudah hamil. Karena itu, sebisa mungkin pastikan Moms dan pasangan memiliki berat badan ideal. Moms bisa menentukan berat badan ideal melalui pemeriksaan indeks massa tubuh (IMT).

Nggak hanya meningkakan peluang hamil, memiliki berat badan ideal juga bisa menurunkan risiko mengalami komplikasi selama kehamilan lho Moms. Banyak banget kan manfaatnya!

3 dari 6 halaman

Hindari Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Ilustrasi rokok © Diadona

Konsumsi alkohol dan merokok nggak hanya berdampak buruk pada tubuh, tapi bisa juga menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan seperti bayi prematur, berat lahir bayi rendah, sampai keguguran.

Kebiasaan merokok ini juga bisa memengaruhi kesuburan lho Moms dan menurunkan jumlah sperma pada pria. Karena itu, hindari kebiasaan ini ya Moms bila sedang merencanakan program kehamilan bersama pasangan.

4 dari 6 halaman

Konsultasi ke Dokter

Mengonsulatsikan riwayat kesehatan kita dan pasangan juga nggak kalah penting Moms. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanya penyakit turunan yang mungkin dideria calon orang tua. Dalam sesi konsultasi ini biasanya dilakukan pemeriksaan mulai dari kesehatan organ reproduksi, penyakit genetik, sampai suplemen yang harus dikonsumsi.

5 dari 6 halaman

Mengonsumsi Asam Folat

Sayuran Hijau © Diadona

Terakhir yang juga sama pentingnya yakni mengonsumsi asam folat dengan cukup. Biasanya, wanita yang ingin merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram (mcg) per hari Moms.

Asam folat ini bermanfaat untuk mengurangi risiko bayi mengalami cacat tabung saraf dan cacat lahir. Asam folat sendiri bisa Moms temukan dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, makanan tinggi protein, dan lainnya.

Beri Komentar