Ibu Dilarang Keramas setelah Melahirkan, Mitos atau Fakta ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 2 November 2020 06:30
Ibu Dilarang Keramas setelah Melahirkan, Mitos atau Fakta ya?
Cari tau jawabannya di sini yuk, Moms.

Saat hamil maupun melahirkan tentu Moms sudah cukup sering mendengar tentang sederet mitos seputar kehamilan, termasuk larangan keramas bagi ibu pasca melahirkan. Hal ini juga dikaitkan dengan rambut yang rontok pasca melahirkan.

Tentu, menjaga kesehatan dan kebersihan rambut sangat perlu. Apalagi rambut bisa dikatakan sebagai mahkota bagi wanita. Tapi, sebenarnya larangan keramas setelah melahirkan ini benar-benar fakta atau hanya mitos belaka ya? Berikut ulasannya yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Mitos atau Fakta?

Ilustrasi keramas © Diadona

Faktanya, dalam dunia medis nggak ada larangan Moms bagi ibu untuk keramas pasca melahirkan. Meski setelah melahirkan, ibu tetap harus menjaga kebersihan tubuh termasuk rambut sehingga bisa terhindar dari berbagai masalah rambut seperti bau tak sedap, gatal, bahkan ketombe.

Tapi semua itu bisa dilakukan dengan catatan ibu dalam kondisi sehat dan nggak mengalami gangguan kesehatan apapun pasca melahirkan seperti anemia, pendarahan, maupun tekanan darah tinggi.

2 dari 4 halaman

Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Sebelum mandi dan keramas, Moms biasanya lebih dulu akan diizinkan bergerak secara bertahap untuk jaminan keselamatan dan keamanan. Mulai dari memiringkan badan ke sisi kiri dan kanan, berdiri, duduk, dan berjalan.

Bila Moms mengalami pendarahan pasca melahirkan, lebih baik Moms meminta bantuan orang lain bila ingin keramas. Hindari keramas sendiri di kamar mandi untuk mencegah hal yang nggak diinginkan.

Pasca melahirkan dan menyusui biasanya Moms akan mendapati rambut cenderung rontok. Tenang, itu normal kok Moms. Hal ini nggak lepas dari perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh pasca melahirkan.

3 dari 4 halaman

Kalau begitu bagaimana sih cara menyikapinya?

Ada beberapa cara yang bisa Moms coba untuk mengatasi rambut rontok pasca melahirkan. Dikutip dari Alodokter, berikut lima tipsnya.

1. Makan makanan bergizi yang mengandung biotin, b6, asam omega 3, dan zinc.

2. Minum cukup air sebanyak 8-12 gelas perhari.

3. Keramas dengan air dingin sambil memijat lembut kulit kepala.

4. Keramas setiap 2 sampai 3 hari sekali menggunakan shampo anti rambut rontok.

5. Hindari stres dan lelah berlebih.

4 dari 4 halaman

Jadi, bisa dibilang mitos ya Moms larangan keramas setelah melahirkan. Meski begitu, mengingat kondisi setiap ibu berbeda, Moms juga bisa bertanya lebih dulu pada dokter sebelum memutuskan keramas pasca melahirkan. Semoga membantu.

Beri Komentar