Positif Covid-19 saat Hamil, Apa yang Harus Bumil Lakukan?

Reporter : Mila
Rabu, 24 Maret 2021 08:57
Positif Covid-19 saat Hamil, Apa yang Harus Bumil Lakukan?
Jangan buru-buru panik ya, Moms.

Pandemi Covid-19 memang membuat waswas banyak orang. Termasuk di antaranya para ibu hamil yang khawatir akan kesehatan dirinya dan sang janin. Tak menutup kemungkinan ibu hamil terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Menurut National Health Service, Inggris, ibu hamil masuk dalam daftar orang dengan risiko tingkat sedang (clinically vulnerable). Ini karena wanita hamil terkadang lebih berisiko terkena virus, seperti flu.

“Kalau pada ibunya sendiri, mengingat saat hamil imunitas menurun dan rentan terinfeksi, maka yang ditakutkan adalah terjadinya gagal napas,” kata dr. Devia Irine Putri, melansir Klikdokter.

Hanya saja, belum diketahui seberapa sering COVID-19 menyebabkan masalah selama kehamilan atau memengaruhi kesehatan bayi setelah lahir. Beberapa penelitian menunjukkan, bayi dari wanita hamil dengan COVID-19 kemungkinan cenderung mengalami kelahiran prematur dan cenderung dirawat di unit neonatal.

1 dari 1 halaman

Penanganan Covid-19 pada Ibu Hamil

Terkana Covid-19 saat hamil tentu saja mengkhawatirkan, tapi Moms jangan terlalu panik ya. Karena dengan penanganan cepat dari penyedia layanan kesehatan, penyakit Covid-19 bisa tertangani dengan baik.

Kondisi kemahamilan pada setiap wanita berbeda-beda, jadi Moms harus konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

" Harus ke dokter. Kondisi tiap orang berbeda, kondisi tiap bumil beda-beda dan tingkat keparahan virus corona tiap pasien juga berbeda. Diskusikan terapi terbaik dengan dokter spesialis, baik dokter kandungan, penyakit dalam, ataupun paru," ungkap dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, melansir Klikdokter.

Jika ibu hamil tidak bergejala (asimptomatik) maka Ahli ginekologi, Profesor Budi Wiweko, menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri.

" Tapi, jika terdapat keluhan, isolasi bisa dilakukan di layanan isolasi milik pemerintah," lanjut pria yang akrab disapa Prof Iko ini.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang ibu hamil dan Covid-19. Semoga Moms dan calon bayi sehat-sehat terus ya!

Beri Komentar