Punya Manfaat yang Luar Biasa, Ini Tips Aman Berenang Saat Hamil

Reporter : Mila
Selasa, 16 Maret 2021 07:57
Punya Manfaat yang Luar Biasa, Ini Tips Aman Berenang Saat Hamil
Berenang bisa jadi salah satu solusi untuk tetap bugar saat hamil, lho!

Renang adalah salah satu olahraga air yang dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Ternyata renang juga sangat bermanfaat untuk dilakukan ibu hamil.

Renang dikatakan aman dan minim risiko karena saat berenang semua berat tubuh akan ditahan oleh air. Sama dengan senam hamil, berenang bisa membantu melenturkan beberapa otot tubuh, membantu dalam pengaturan, serta mengurangi kelelahan.

Meski tergolong aman, lebih dianjurkan untuk ibu hamil berenang saat usia kehamilan memasuki usia 7 bulan atau trimester ketiga, karena pada usia ini kandungan lebih kuat dibandingkan pada trimester pertama atau trimester kedua.

1 dari 2 halaman

Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berenang punya segudang manfaat untuk ibu hamil. Di antaranya:

1. Melancarkan sirkulasi udara.

2. Melancarkan sirkulasi darah.

3. Melatih paru-paru dan jantung.

4. Memperkuat otot rahim dan jantung.

2 dari 2 halaman

Tips Berenang untuk Ibu Hamil

Ada beberapa persiapan yang harus Moms lakukan sebelum masuk ke kolam renang. Pertama-tama, lakukanlah senam ringan terlebih dahulu untuk meregangkan otot-otot. Moms juga bisa berlari kecil di tempat sebentar. Tapi ingat, hati-hati supaya tidak terpeleset, ya.

Selain itu, ianjurkan juga untuk banyak minum banyak air putih. Sebelum masuk kolam renang, minumlah satu gelas air putih. Setiap 20 menit, Moms harus meminum lagi satu gelas air lagi. Dan yang terakhir satu gelas lagi setelah Moms keluar dari kolam renang.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar