Pandangan Jadi Kabur saat Hamil, Normal Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 24 Agustus 2020 10:30
Pandangan Jadi Kabur saat Hamil, Normal Nggak ya?
Apa Moms mengalaminya juga?

Saat masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Kadang, ada juga perubahan yang membuat banyak ibu hamil merasa nggak nyaman salah satunya mengenai penglihatan yang jadi kabur selama kehamilan.

Nggak sedikit ibu hamil yang merasa penglihatan mereka jadi kabur atau setidaknya nggak setajam biasanya. Kira-kira normal nggak ya hal ini terjadi pada ibu hamil? Bila Moms jadi salah satu ibu yang mengalami hal ini, jangan panik dulu Moms. Yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari Parents, pandangan jadi kabur normal terjadi kok Moms pada ibu hamil. Tenang saja, hal ini hanya bersifat sementara dan dalam kebanyakan kasus, pandangan Moms akan kembali seperti semula setelah melahirkan.

Apa sih penyebab pandangan jadi kabur selama kehamilan?

Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan Moms. Hormon kehamilan ini membantu mendukung pertumbuhan bayi, tapi juga bisa membuat penglihatan jadi buram selama trimester ketiga.

2 dari 5 halaman

Disebabkan oleh Hormon

Hormon ini menyebabkan retensi cairan yang berdampak pada menebalnya lensa dan kornea mata. Karena itu, kemungkinan Moms akan kesulitan melihat dengan jelas.

Nggak hanya membuat penglihatan sedikit memburuk, peningkatan kadar estrogen selama kehamilan juga menyebabkan mata jadi lebih kering karena tubuh memproduksi lebih sedikit air mata atau sering juga disebutd dengan " sindrom mata kering" . Hal ini membuat mata kita terasa iritasi dan terlihat merah.

Menurut Laura Riley, M.D., seorang OB-GYN di New York City, sindrom mata kering juga bisa menyebabkan penglihatan kabur, merusak kornea, dan meningkatkan kepekaan mata kita terhadap sinar matahari.

3 dari 5 halaman

Kapan sih biasanya pandangan mata jadi kabur selama kehamilan ini terjadi?

Ilustrasi ibu hamil dengan mata minus © Diadona

Penglihatan jadi kabur selama kehamilan biasanya terjadi pada trimester ketiga. Tapi ada beberapa wanita yang menyadarinya sejak kehamilan menginjak usia 10 minggu Moms dan hal ini bisa berlangsung selama enam minggu pasca melahirkan.

Lantas, bisa nggak sih dicegah? Sayangnya, hal ini nggak bisa dicegah Moms. Meski begitu, sebelumnya Moms bisa menyiapkan lebih dini seperti obat tetes mata atau kacamata bila perlu.

4 dari 5 halaman

Tips Mengatasi Penglihatan Kabur saat Hamil

Berikut ini beberapa tips yang bisa Moms coba untuk mengatasi penglihatan kabur selama kehamilan.

1. Gunakan obat tetes mata yang aman bagi ibu hamil

Bila mata Moms terasa sangat kering, Moms bisa coba menggunakan obat tetes mata yang aman bagi ibu hamil. Sebelum menggunakannya, Moms bisa nih berkonsulasi lebih dulu pada dokter apakah obat tetes mata itu benar-benar aman digunakan selama kehamilan untuk mencegah hal yang nggak diinginkan. Bisa juga Moms meminta rekomendasi obat tetes mata yang aman dan efektif pada dokter.

2. Istirahatkan mata

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Istirahatkan mata sesering mungkin ya Moms dan jangan paksakan mengemudi bila Moms merasa nggak bisa melihat dengan baik. Selain itu, kurangi juga membaca di tempat dengan cahaya yang sangat terang. Satu lagi, pertimbangkan untuk memakai kacamata ya Moms sampai setelah melahirkan.

3. Jangan buru-buru ganti kacamata

Bila Moms sudah menggunakan kacamata sebelumnya, jangan buru-buru beli kacamata baru Moms kecuali bila perubahan penglihatan Moms benar-benar signifikan. Moms bisa lebih berhemat dengan menunggu sampai melahirkan dimana mata akan kembali normal.

5 dari 5 halaman

Kapan harus menemui dokter?

Meski penglihatan jadi buram selama kehamilan adalah hal yang normal terjadi, tapi bila Moms merasa pandangan tiba-tiba kabur, penglihatan jadi ganda, atau terlihat bintik-bintik Moms bisa segera menghubungi dokter.

Karena, perubahan penglihatan yang secara tiba-tiba dan signifikan selama kehamilan ini bisa menandakan diabetes yang nggak terkontrol. Selain itu, bisa juga lho jadi gejala Moms menderita preeklamsia atau tekanan darah tinggi saat hamil, terutama bila diikuti dengan sakit kepala.

Nah, itu dia sederet informasi mengenai pandangan yang jadi kabur selama kehamilan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Beri Komentar