Jadi Sering Buang Air Kecil saat Hamil? Ini Penjelasannya, Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 23 Agustus 2020 07:30
Jadi Sering Buang Air Kecil saat Hamil? Ini Penjelasannya, Moms
Yuk, simak ulasannya berikut ini Moms.

Sering buang air kecil memang kerap dialami oleh ibu hamil ya Moms. Saat hamil, frekuensi buang air kecil kita akan meningkat yang membuat kita harus bolak balik ke kamar mandi.

Mungkin hal ini terlihat biasa ya Moms, tapi bagi ibu hamil tentu sedikit melelahkan. Apalagi bisa juga mengganggu waktu istirahat, terutama di malam hari. Lantas, apa sih penyebabnya?

1 dari 6 halaman

Apa sih penyebab sering buang air kecil saat hamil?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari Parents,menurut Richard H. Schwarz, M.D., konsultan kebidanan March of Dimes di Amerika Serikat, Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan Moms. Perubahan hormon ini bisa meningkatkan produksi urin.

Selain itu, rahim yang semakin membesar seiring kehamilan akan memberikan tekanan pada kandung kemih yang membuat kita jadi sering buang air kecil.

 

2 dari 6 halaman

Biasanya, frekuensi buang air kecil ini akan sedikit menurun saat memasuki trimester kedua. Kenapa? Karena rahim akan naik lebih tinggi di perut dan menjauh dari kandung kemih.

Tapi, hal ini nggak berlangsung lama. Pada trimester ketiga, gejala sering buang air kecil ini akan kembali lagi Moms karena bayi akan turun lebih rendah yang memberi tekanan pada kandung kemih.

3 dari 6 halaman

Gimana sih tips mengatasi sering buang air kecil saat hamil?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Mungkin Moms sering ya beberapa kali harus bolak balik ke kamar mandi di malam hari karena ingin buang air kecil. Ada beberapa tips nih yang bisa Moms coba agar meminimalisir frekuensi Moms bolak balik ke kamar mandi. Apa saja itu?

1. Condongkan tubuh ke depan saat buang air kecil sehingga Moms bisa mengosongkan kandung kemih dengan maksimal.

2. Usahakan Moms tak minum terlalu banyak sebelum tidur untuk mencegah sering buang air kecil di malam hari.

4 dari 6 halaman

3. Lakukan senam kegel untuk memperkuat otot dasar panggul Moms. Hal ini bisa membantu Moms mencegah kelepasan buang air kecil saat batuk, bersin, atau tertawa.

4. Kurangi minum minuman berkafein seperti kopi, teh, dan sejenisnya.

5. Bila akan keluar rumah dalam waktu lama, pertimbangkan untuk pergi ke toilet lebih dulu.

5 dari 6 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Meski sering buang air kecil cukup mengganggu, tapi cara terbaik yakni tak menahannya Moms. Kenapa? Karena menahan urin bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Selain itu, ISK bisa juga disebabkan oleh bakteri yang disebut grup B strep (GBS).

Meski jarang terjadi, kondisi ini lebih serius Moms dan bisa membuat bayi mengalami sakit parah. Berikut gejala umum ISK:

1. Sering buang air kecil

2. Rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil

3. Urin berdarah

Beri Komentar