Olahraga Berlebihan Bisa Turunkan Kesuburan dan Bikin Susah Hamil, Bener Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 19 Agustus 2020 14:30
Olahraga Berlebihan Bisa Turunkan Kesuburan dan Bikin Susah Hamil, Bener Nggak ya?
Simak penelasannya di sini yuk, Moms!

Olahraga biasanya salah satu cara yang direkomendasikan ya untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, olahraga sendiri juga kaya manfaat bagi tubuh.

Saat berolahraga, kadang kita nggak sadar ya sudah melakukan dengan intensitas yang berlebihan. Apalagi bila kita sedang ingin mencapai target tertentu seperti menurunkan berat badan misalnya.

Nah, olahraga secara berlebihan ini ternyata bisa memengaruhi tingkat kesuburan lho Moms. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari Hello Sehat, The American College of Obstetricians and Gynecologists mengungkapkan bahwa olahraga secara berlebihan malah bisa mengurangi kesuburan Moms.

Sebenarnya, berbagai penelitian mengenai hubungan antara kesuburan dan olahraga ini memberikan hasil yang beragam. Olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang memang bisa bermanfaat pada kesuburan Moms. Tapi sebaliknya, olahraga dengan intensitas yang berat justru malah menurunkannya.

2 dari 5 halaman

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Olahraga Berlebihan

Pada penelitian yang dimuat dalam jurnal Sports Medicine menunjukkan bahwa olahraga berat selama lebih dari satu jam sehari disinyalir bisa mencegah terjadinya ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium.

Hal ini terjadi karena olahraga berlebihan bisa menimbulkan stres pada tubuh yang berakibat menghambat fungsi kelenjar pituitari pada otak yang bertugas mengatur mekanisme ovulasi.

Bukannya memicu ovulasi, malah kelenjar pituitari ini merespon stres ini dengan mencegah ovulasi. Akhirnya, olahraga secara berlebihan ini malah bisa mengurangi kesuburan.

3 dari 5 halaman

Seperti apa sih olahraga yang berlebihan itu?

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Umumnya, olahraga yang disarankan yakni minimal 150 menit setiap minggu. Tapi kebutuhan ini bisa bertambah besar bila Moms memiliki target tertentu seperti mengurangi berat badan misalnya.

Setiap tubuh seseorang tentu memiliki batasan yang berbeda-beda ya Moms. Nah, olahraga yang durasi atau intensitasnya melebihi batasan inilah yang disebut berlebihan.

4 dari 5 halaman

Ada beberapa gejala yang bisa Moms perhatikan sebagai tanda seseorang sudah olahraga melampaui batasan. Diantaranya seperti susah tidur, nafsu makan menurun, stres, dan detak jantung yang meningkat.

Olahraga yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan terhentinya menstruasi sementara pada wanita, Moms.

5 dari 5 halaman

Bisa nggak sih kesuburan kembali normal?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Tenang, Moms bisa kok memulihkannya lagi. Ada beberapa cara nih yang bisa Moms coba seperti memberikan asupan kalori tambahan sehingga tubuh bisa berfungsi dengan normal lagi.

Bisa juga Moms mengonsumsi obat kesuburan atau pil KB. Dengan mengonsumsi pil KB atau obat kesuburan ini hormon reproduksi dalam tubuh bisa normal lagi.

Memang alangkah lebih baik bila kita melakukan segala hal sesuai porsi ya Moms, termasuk dalam hal olahraga. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar