Sering Sakit Punggung Saat Hamil? Ini Tips Mengatasinya

Reporter : Prisma Difta
Minggu, 9 Agustus 2020 08:04
Sering Sakit Punggung Saat Hamil? Ini Tips Mengatasinya
Sebaik disimak dengan baik-baik moms!

Masa kehamilan adalah momen yang paling menyenangkan. Momen menunggu kelahiran si kecil, menjadi waktu yang tak tergantikan. 9 bulan dengan sabar menanti, membuat ibu dan si kecil menjadi sangat dekat.

Saat hamil kadang timbul beberapa masalah dan kendala, salah satunya adalah punggung yang sakit. Perut yang semakin membesar membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Bahkan mengakibatkan punggung sakit.


Nah, jika kamu merasakan hal demikian tidak perlu khawatir. Punggung sakit saat hamil adalah hal yang wajar. Berikut adalah tips untuk mengurangi punggung sakit saat hamil.

1 dari 3 halaman

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Hamil membuatmu harus membawa beban yang berat setiap saat. Agar punggung tidak mudah sakit, sebaiknya hindari berdiri terlalu lama. Jika terpaksa, pastikan memakai alas kaki yang nyaman agar tidak mudah lelah.

Jika saat hamil kamu diwajibkan untuk duduk dalam waktu yang lama, pastikan kursi yang digunakan nyaman. Pilih kursi yang memiliki sandaran dan cukup nyaman untukmu.

2 dari 3 halaman

Hindari Mengangkat Barang yang Terlalu Berat

Masa kehamilan memang momen menyenangkan dan membuatmu ingin terus aktif. Agar punggung tidak sakit, sebaiknya hindari untuk mengangkat barang yang terlalu berat. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika memang diperlukan.

3 dari 3 halaman

Perbanyak Istirahat

Saat hamil mungkin kamu akan mudah terasa lelah, jadi pastikan untuk perbanyak istirahat. Pada saat berbaring, angkat kaku hingga lebih tinggi dari kepala. Hal ini membantu peredaran darah lebih lancar. Selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit pada punggung.

Semoga membantu ya moms!

Beri Komentar