Nggak Hanya Tangan dan Kaki, Bibir Ternyata Alami Perubahan saat Hamil?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 5 Oktober 2020 06:30
Nggak Hanya Tangan dan Kaki, Bibir Ternyata Alami Perubahan saat Hamil?
Nggak hanya ada pregnancy glow, pregnancy lips juga dialami ibu hamil lho, Moms!

Selama kehamilan, tentu banyak perubahan yang dialami ibu hamil ya Moms baik secara fisik maupun mental. Salah satunya seperti wajah ibu yang terlihat lebih cerah dan merona atau biasa disebut dengan pregnancy glow.

Nggak hanya pada kulit wajah, ternyata bibir ibu hamil juga mengalami perubahan lho Moms. Biasanya, bibir ibu hamil akan terlihat seperti bengkak dan lebih merona serta berisi. Hal ini disebut dengan pregnancy lips Moms. Berikut Diadona ulas informasi selengkapnya mengenai pregnancy lips selama kehamilan.

1 dari 3 halaman

Apa sih Pregnancy Lips itu?

Ilustrasi Bibir © Diadona

Dikutip dari Healthline, ternyata pregnancy lips sama nyatanya lho Moms seperti pregnancy glow. Pregnancy lips sendiri biasanya menyebabkan bibir ibu hamil menjadi lebih merah dan penuh.

Lalu apa sih yang menyebabkan pregnancy lips? Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah kecil yang disebut kapiler Moms yang terletak tepat di bawah permukaan bibir.

Nah, kepadatan kapiler ini meningkat selama kehamilan. Selain itu, ibu hamil akan mengalami peningkatan aliran darah terutama pada trimester ketiga untuk mendukung pertumbuhan bayi. Hal ini juga Moms menyebabkan pembuluh darah termasuk kapiler membesar yang akhirnya menyebabkan pregnancy lips.

 

2 dari 3 halaman

Selain pregnancy lips, ada nggak sih perubahan bibir lainnya selama kehamilan?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Selain pregnancy lips, mungkin Moms juga akan mengalami bibir kering dan pecah-pecah selama hamil. Hal ini karena tubuh membutuhkan hidrasi ekstra selama kehamilan sehingga kemungkinan ibu hamil nggak mendapatkan cukup cairan sehingga mengakibatkan bibir pecah-pecah.

Dehidrasi sendiri juga bisa jadi efek samping dari morning sickness yang parah. Karena itu, mengonsumsi air putih yang cukup sangat penting Moms selama kehamilan agar kita terhindar dari dehidrasi.

3 dari 3 halaman

Apa yang harus dilakukan ya bila mengalami pregnancy lips?

Ilustrasi Bibir © Diadona

Sebenarnya Moms nggak perlu khawatir bila mengalami pregnancy lips ini kecuali bila menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Untuk bibir kering dan pecah-pecah, Moms bisa mengatasinya dengan memakai pelembab bibir dan minum banyak air putih.

Tapi bila Moms memiliki kekhawatiran lain, Moms bisa membicarakan hal ini pada dokter agar diberikan penanganan yang tepat dan mengurangi risiko yang mungkin saja bisa terjadi selama kehamilan. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar