Moms Harus Tahu, Ini Ukuran Rahim yang Normal selama Kehamilan

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 28 September 2022 10:57
Moms Harus Tahu, Ini Ukuran Rahim yang Normal selama Kehamilan
Rahim menjadi penentu pertumbuhan dan perkembangan janin

Saat hamil, rahim adalah organ penting yang berfungsi sebagai tempat berkembangnya janin. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin, rahim pun ikut berkembang.

Di masa kehamilan, ukuran rahim bisa membesar sesuai dengan pertumbuhan janin. Awalnya rahim akan berukuran sekitar panjang 7,5 cm dengan lebar 5 cm, dan beratnya sekitar 30 hingga 70 gram.

Saat hamil, ukuran rahim ini perlu diperhatikan. Hal ini lantaran ukuran rahim bisa jadi alat untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin. Lantas berapa ukuran rahim yang normal selama kehamilan?

1 dari 6 halaman

Cara Mengetahui Ukuran Rahim selama Kehamilan

Untuk mengetahui ukuran rahim selama kehamilan, biasanya di antara minggu ke-18 dan 20 kehamilan, dokter akan mulai mengukur tinggi fundus (bagian atas rahim).

Pengukuran tinggi fundus ini dilakukan oleh dokter untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin. Umumnya, tinggi fundus ini akan sesuai dengan usia kehamilan atau dua cm lebih besar dari usia kehamilan.

Kalau ukuran-nya sesuai, kehamilan berjalan dengan lancar, tapi kalau ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil, itu bisa saja karena ada kesalahan saat menghitung usia kehamilan atau ada komplikasi.

2 dari 6 halaman

Ukuran Rahim Normal di Trimester Pertama

Saat trimester pertama di sekitar minggu ke-12, rahim normalnya akan seukuran dengan grepefruit atau jeruk bali.

Apabila Moms mengandung anak kembar, ukuran rahim akan lebih besar daripada yang hanya mengandung satu bayi. Selain itu Moms yang mengandung anak kembar pun rahimnya akan lebih mudah meregang.

3 dari 6 halaman

Ukuran Rahim Normal di Trimester Kedua

Saat kehamilan sudah masuk ke trimester kedua, rahim Moms akan mulai tumbuh ke atas dan berkembang di luar daerah panggul. Di masa kehamilan ini, ukuran rahim akan berkembang menjadi seukuran dengan pepaya.

Saat rahim mulai membesar, beberapa organ tubuh akan terdorong dari tempat biasanya dan memberi ketegangan pada otot dan ligamen di sekitarnya. Hal ini kemudian akan menyebabkan beberapa bagian tubuh Moms terasa nyeri.

4 dari 6 halaman

Ukuran Rahim Normal di Trimester Ketiga

Ukuran rahim di trimester ketiga sudah semakin besar dari sebelumnya. Di akhir masa kehamilan ini, rahim akan memanjang dari daerah kemaluan hingga ke bagian bawah tulang rusuk.

Umumnya, ukuran rahim di trimester ketiga akan berkembang menjadi seukuran semangka.

5 dari 6 halaman

Ukuran Rahim setelah Melahirkan

Setelah Moms melahirkan, rahim secara bertahap akan kembali ke ukuran dan posisi sebelum hamil. Ukuran rahim normal sebelum hamil adalah berukuran sekitar panjang 7,5 cm dan lebar 5 cm.

Proses pengempesan rahim atau yang disebut dengan involusi ini biasanya memerlukan waktu sekitar enam minggu.

Beri Komentar