Metode ERACS, Claim Pulih Cepat Selang Beberapa Jam Pasca Operasi Caesar

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 26 November 2021 19:13
Metode ERACS, Claim Pulih Cepat Selang Beberapa Jam Pasca Operasi Caesar
Begini detail sederhana proses ERACS pada persalinan ibu.

Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) belakangan ini santer diperbincangkan. Hal ini tak lain dan tak bukan berkat bebebrapa nama selebriis yang sukses dan merasakan dampak positifnya pasca menjalani metode ERACS ini. Terbaru ada Nagita Slavina yang melahirkan dengan metode persalinan ERACS.

Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) sendiri adalah teknik operasi caesar yang dikembangkan untuk mempercepat perawatan dan juga pemulihan ibu yang tidak lebih dari 24 jam. Seperti apa yang disampaikan oleh dr. Kondang Usodo, Sp.OG seperti dikutip dari laman resmi Rumah Sakit EMC.

1 dari 6 halaman

Metode ERACS kini sudah mulai dijalankan di beberapa rumah sakit di Indonesia termasuk EMC. Metode dilakukan dengan kerja sama yang kuat antara Dokter Operator, Dokter Anestesi, Dokter Anak, Dokter Gizi, Dokter Kandungan pada saat pra operasi, intra operasi maupun pasca operasi.

2 dari 6 halaman

" Pada metode ERACS, sayatan dilakukan menggunakan pisau dengan ketajaman khusus dan ukuran kecil yang memungkinkan satu kali sayatan dapat mencapai fascia, sehingga kerusakan jaringan bisa minimal," ujar dr. Kondang yang berpraktik di Rumah Sakit EMC Tangerang.

3 dari 6 halaman

Nagita Slavina Melahirkan, Ini Deretan Fakta Baby R si Anak KeduaNagita Slavina Melahirkan, Ini Deretan Fakta Baby R si Anak Kedua © © MEN

Lebih lanjut telah dijelaskan pula bahwa sayatan harus dilakukan seminimal mungkin. Sedangkan, pengambilan jaringan juga dilakukan tanpa merusak jaringan yang sehat, serta sedapat mungkin menghindari memotong dan menjahit otot.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, kala dokter operator menjahit fascia akan mengutamakan teknik jahitan satu-satu. Selain itu, ibu akan diberikan minuman manis 2 jam sebelum tindakan operasi agar dapat membantu mobilisasi setelah tindakan.

5 dari 6 halaman

Raffi Ahmad Pelukan Mesra dengan Nagita SlavinaRaffi Ahmad Pelukan Mesra dengan Nagita Slavina © Instagram.com/@chevirgo via Kapanlagi.com

" Dokter akan membebaskan perlengketan antar jaringan sehingga pasien terhindar dari rasa nyeri pasca penyembuhan, mengembalikan posisi jaringan yang disayat secara end to end pada jaringan yang sama serta memilih benang dan teknik jahitan yang tidak mengganggu pergerakan pasca operasi,” tambah dr. Kondang.

Beri Komentar