Mengonsumsi Telur Asin saat Hamil Bisa Membuat Bayi Bau Amis, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila
Jumat, 5 November 2021 11:57
Mengonsumsi Telur Asin saat Hamil Bisa Membuat Bayi Bau Amis, Mitos atau Fakta?
Jangan langsung percaya deh, Moms.

Untuk orang Indonesia, telur asin pasti sudah tidak lagi asing dan menjadi salah satu makanan favorit sebagian orang. Makanan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan ini pun menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Tapi, banyak yang mengatakan ibu hamil yang mengonsumsi telur asin akan membuat bayi terlahir bau amis. Ketakutan ini seringkali membuat ibu hamil tidak mau mengonsumsi telur asin padahal kandungan gizinya cukup banyak.

1 dari 3 halaman

Ibu Hamil Makan Telur Asin

Banyak mitos yang mengatakan kalau mengonsumsi telur asin saat hamil bisa menyebabkan bayi terlahir bau amis. Padahal secara medis sebenarnya ibu hamil boleh saja mengonsumsi telur asin dan tidak menyebabkan bayi bau amis.

Tapi, Moms harus tetap memakan dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. Selain itu, Moms perlu mengolah telur asin agar benar-benar matang terlebih dahulu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Telur Asin untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Telur Asin © Diadona

Melansir How to be Heath, nilai gizi telur asin cukup tinggi untuk ibu hamil. Manfaat yang bisa Moms dapatkan antara lain:

  • Vitamin E yang terdapat dalam telur asin mampu menjaga kesehatan kulit ibu hamil, sehingga dapat mengurangi keluhan stretch mark maupun kulit kering yang biasa dialami selama masa kehamilan.
  • Vitamin A pada telur asin bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil, sehingga membuatnya tidak mudah terserang penyakit. Vitamin A yang diperoleh selama hamil juga mampu menjaga pertumbuhan janin lebih baik dan sempurna.
  • Kalsium yang didapat dari satu butir telur asin akan mencegah tulang ibu hamil terkena osteoporosis, sekaligus membentuk tulang dan gigi pada janin yang ada di dalam kandungan.
  • Kandungan proteinnya berguna untuk mencegah bayi terlahir cacat serta memberikan rangsangan terhadap perkembangan kognitif janin.
  • Asupan kalsium selama kehamilan bisa berguna untuk ibu hamil yang sedang datang bulan karena dapat mengurangi kram perut. Hal ini dikarenakan adanya asupan fosfor dan potasium yang dibutuhkan tubuh kembali terpenuhi.
  • Kandungan zat besi di dalam telur asin mampu mencegah anemia, pembentukan hemoglobin serta menguatkan otot dan fungsi otak.

3 dari 3 halaman

Bahaya Telur Asin

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pun saat mengonsumsi telur asin. Kalau Moms terus dikonsumsi, maka akan memicu hipertensi, hiperlipidemia, penyakit kardiovaskular serta serebrovaskular yang akan membahayakan untuk kesehatan janin di dalam kandungan. 

Perlu diketahui juga bahwa tubuh manusia membutuhkan garam sekitar 5-8 gram dalam satu hari, sedangkan telur asin memiliki lebih dari 10 gram garam. Saat tubuh mengonsumsi banyak garam, maka akan membuat ibu hamil cepat haus dan lebih sering mengonsumsi banyak air. 

Nah, gimana udah paham kan Moms? Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar