Mencukur Rambut Area Kemaluan sebelum Persalinan, Perlu Gak sih?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 21 Januari 2022 11:57
Mencukur Rambut Area Kemaluan sebelum Persalinan, Perlu Gak sih?
Simak dulu yuk Moms.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan menjelang persalinan. Selain persiapan mental dan fisik, perlengkapan Moms dan calon bayi saat di rumah sakit juga diperlukan. Terus gimana ya dengan rambut kemaluan?

Mencukur rambut kemaluan atau bulu pubis sebelum persalinan memang jadi prosedur standar di beberapa rumah sakit. Tapi, tidak ada bukti penelitian yang kuat bahwa mencukur bulu pubis memiliki manfaat dari sisi medis. Lantas, apakah perlu mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan?

1 dari 4 halaman

Mencukur Rambut Kemaluan Sebelum Persalinan

Dayna Freedman, seorang dokter kandungan di Toronto, mengatakan bahwa mencukur rambut kemaluan sebelum melahirkan justru bisa meningkatkan risiko infeksi.

Begitu juga dalam tulisan WHO Surgical Site infection Prevention Guidelines, yang tidak menyarankan mencukur sebelum persalinan apabila tidak mengetahui cara mencukur yang benar dan menggunakan alat yang tidak steril.

Hal tersebut dikhawatirkan akan meningkatkan potensi infeksi yang disebabkan oleh trauma mikroskopik pada kulit.

2 dari 4 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan

Ilustasi MencukurIlustasi Mencukur © Shutterstock

Ada baiknya Moms perhatikan beberapa hal jika ingin mencukur bulu kemaluan saat hamil atau menjelang persalinan:

  • Gunakan Alat Cukur Manual

Alat cukur manual punya desain yang bisa menjangkau area intim secara mendalam. Moms pun bisa mengontrol gerakan pisau cukur secara perlahan agar tidak melukai area intim.

Gunakan alat cukur sekali pakai agar terjaga kebersihan serta ketajamannya dan agar kulit juga terhindar dari infeksi bakteri.

3 dari 4 halaman

  • Gunakan Krim Cukur

Sebelum mencukur, oleskan dulu krim cukur khusus perempuan. Pilihlah yang mengandung pelembap agar kulit tidak kering. Penggunaan krim cukur juga berfungsi mencegah pisau cukur melukai kulit. Penting untuk menghindari krim yang mengandung alkohol karena zat itu bisa berisiko membuat kulit iritasi.

4 dari 4 halaman

Cara Mencukur yang Benar

Ilustasi WanitaIlustasi Wanita © Shutterstock

Pertama, Moms gunting terlebih dahulu rambut kemaluan untuk memudahkan saat proses pencukuran. Saat bulu mulai tipis, cukur dengan gerakan yang dimulai secara satu arah, dari atas ke bawah.

Hindari mencukur dari arah berlawanan, lakukan dari bawah ke atas atau kiri ke kanan.

Setelah selesai, bersihkan area dan jaga agar tetap kering. Jangan gunakan krim, gel, minyak, atau apa pun pada kulit karena bisa menyumbat folikel atau akar bulu.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar