5 Pemeriksaan Wajib saat Hamil Tua, Catat ya Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 19 Januari 2022 11:57
5 Pemeriksaan Wajib saat Hamil Tua, Catat ya Moms!
Jangan lupa periksa kehamilannya ya.

Selama masa kehamilan, Moms tentunya perlu menjaga kesehatan, baik kesehatan sendiri maupun kesehatan janin. Salah satu caranya adalah dengan memeriksakan kehamilan secara berkala.

Ibu hamil juga sebaiknya melakukan pemeriksaan laboratorium secara rutin. Pemeriksaan ini utamanya dimulai saat sedang merencanakan kehamilan, lalu diulang kembali saat kehamilan memasuki trimester ketiga.

Apa saja pemeriksaan laboratorium yang perlu Moms lakukan? Langsung simak yuk!

1 dari 5 halaman

Pemeriksaan Urine Lengkap

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Pemeriksaan urine lengkap dilakukan untuk mengetahui kadar gula, protein, dan bakteri uria dalam urine.

Salah satu penyakit yang bisa terdeteksi melalui pemeriksaan urine adalah infeksi saluran kemih. Infeksi yang satu ini cukup membahayakan bagi ibu hamil, sebab bisa meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur.

2 dari 5 halaman

Pemeriksaan Mata

Ilustrasi Periksa MataIlustrasi Periksa Mata © Shutterstock

Pemeriksaan mata penting dilakukan pada trimester ketiga, khususnya untuk Moms yang punya mata minus.

Pemeriksaan ini berguna untuk menentukan apakah kondisi kesehatan mata cukup baik untuk persalinan normal. Pada persalinan normal akan terjadi tekanan pada selaput yang ada di mata. Ibu hamil yang memiliki kondisi mata tertentu tidak disarankan untuk melahirkan dengan proses persalinan normal.

3 dari 5 halaman

Pemeriksaan Kadar Sel Darah Merah

Pemeriksaan kadar sel darah merah dilakukan untuk mengetahui apakah Moms berisiko untuk mengalami anemia atau tidak.

Seperti yang kita tahu, anemia membuat ibu hamil mudah lelah dan akan berbahaya kalau sampai terjadi perdarahan saat hamil atau melahirkan. Hasil pemeriksaan kadar sel darah merah juga bisa menjadi acuan bagi dokter untuk merawat kesehatan Moms.

4 dari 5 halaman

Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus

Pemeriksaan golongan darah dan rhesus dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya ketidaksesuaian golongan darah dan rhesus, terutama pada Moms yang punya golongan darah O dan rhesus negatif.

Ketidakcocokan golongan darah bisa menyebabkan gangguan hingga risiko cacat lahir pada bayi.

5 dari 5 halaman

Pemeriksaan Darah Khusus Kelompok Berisiko

Ilustrasi Periksa DarahIlustrasi Periksa Darah © Shutterstock

Tes ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang membahayakan janin (diabetes dan HIV), kelainan genetik yang bisa memengaruhi janin (talasemia), cacat janin, atau triple-test (down syndrome), serta pemeriksaan ACA (anticardiolipin) untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pengentalan darah. 

Itu tadi 5 pemeriksaan yang wajib dilakukan oleh Moms di masa kehamilan trimester ketiga. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar