Melakukan Tes Kehamilan saat Malam Hari, Apakah Akurat?

Reporter : Mila
Senin, 28 Maret 2022 10:57
Melakukan Tes Kehamilan saat Malam Hari, Apakah Akurat?
Sama kah hasilnya ketika tes kehamilan di pagi hari?

Kehamilan adalah hal yang dinantikan oleh pasangan menikah. Sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan, Moms biasanya akan menggunakan alat tes kehamilan.

Test pack biasanya digunakan pada pagi hari. Hal ini karena kondisi urine pada saat pagi hari masih pekat, sehingga hasil yang didapat bisa lebih akurat.

Tapi, bagaiman jika tes ini dilakukan pada malam hari? Apakah hasilnya akan sama?

1 dari 4 halaman

Tes Kehamilan di Malam Hari

Moms bisa melakukan tes kehamilan di malam hari tapi jangan berharap hasilnya akan akurat. Tujuan utama melakukan tes kehamilan adalah untuk memeriksa hormon hCG atau Human chorionic gonadotropin yang adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan. Hormon ini dilepaskan bersama urine di pagi hari.

Kalau tes ini dilakukan di malam hari, garis test pack mungkin samar dan hasilnya tidak akurat. Selain itu, biasanya tes kehamilan dilakukan paling cepat dua minggu setelah ovulasi. Idealnya, ini diulangi lagi dalam satu minggu kalau tidak terjadi menstruasi.

2 dari 4 halaman

Kenapa Malam Bukan Waktu yang Tepat?

Waktu malam tidak ideal karena test pack tidak akan menangkap hormon hCG dengan baik. Seperti disebutkan di atas, test pack bekerja dengan mendeteksi hormon hCG dalam urine.

Karena urine lebih terkonsentrasi di pagi hari, kemungkinan kadar hCG akan lebih tinggi dan mudah terdeteksi kalau Moms benar-benar hamil, sehingga hasilnya lebih akurat.

3 dari 4 halaman

Kalau Moms tidak sempat memeriksakan kehamilan di pagi hari, berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Kalau Moms mendapatkan hasil positif di malam hari, kemungkinan besar Moms hamil. Kalau hasilnya negatif, pembacaannya bisa jadi tidak akurat dan perlu mengujinya lagi di pagi hari.
  • Hindari mengonsumsi minuman apa pun yang mengandung kafein sepanjang hari. Minum banyak air dan hindari garam. Setelah segelas air terakhir di siang hari, tunggu setidaknya enam jam tanpa minum sebelum melakukan tes.

Beri Komentar