Makan Taoge Bisa Bikin Cepat Hamil, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila
Kamis, 10 Februari 2022 11:57
Makan Taoge Bisa Bikin Cepat Hamil, Mitos atau Fakta?
Moms suka makan taoge gak nih?

Untuk meningkatkan kesuburan dan mempercepat peluang kehamilan, makan makanan bergizi jadi cara yang bisa Moms lakukan. Beberapa makanan tertentu diketahui mengandung nutrisi baik yang bisa menyehatkan organ reproduksi.

Taoge adalah salah satu jenis makanan yang diyakini baik bagi kesuburan. Makanan ini pun kerap banyak dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil.

1 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Taoge

Ilustrasi Taoge © Diadona

Taoge mengandung berbagai macam kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, serta vitamin E. Selain itu, taoge juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino dan protein.

2 dari 4 halaman

Taoge untuk Kesuburan

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Malansir Express UK, kandungan dalam taoge seperti serat dan protein baik bagi kesehatan kesuburan.

Untuk laki-laki, taoge punya kandungan vitamin E yang bisa membantu meningkatkan kualitas dan motilitas sperma. Kalau sperma punya kualitas yang baik, peluang keberhasilan pembuahan ke sel telur pun meningkat.

Sementara itu, bagi perempuan kandungan vitamin E dalam taoge bisa membantu mengurangi gangguan siklus haid dan gangguan menopause. Masalah-masalah tersebut diketahui bisa mengganggu kesuburan dan menurunkan peluang kehamilan.

Sebagai sumber antioksidan, vitamin E bagi Moms juga bisa membantu memperlambat proses penuaan dini dan mencegah kanker payudara.

3 dari 4 halaman

Mengolah Taoge yang Benar

Melansir Parenting First Cry, pilihlah taoge yang tampak segar dan berwarna putih cerah. Hindari memilih taoge yang tampak sudah layu, putih pucat dan berbau apek.

Apabila Moms ingin mengolah taoge, hindari mengonsumsinya dalam kondisi mentah, ya. Makan taoge mentah sering dikaitkan dengan beberapa risiko kesehatan, terutama saat Moms sedang program hamil atau sedang hamil di trimester pertama.

Taoge mentah mengandung beberapa jenis bakteri, seperti Salmonella, Listeria, dan E. coli. Bakteri-bakteri ini bisamasuk ke biji kecambah melalui celah di kulitnya. Bakteri ini pun terus tumbuh dalam kondisi lembap. Jadi, meski tampak bersih, taoge yang masih mentah tetap berpotensi menimbulkan penyakit.

Kalau Moms ingin makan taoge, pastikan taoge dimasak sampai matang sempurna. Ini supaya bakteri dalam taoge mati dan menghilangkan risiko infeksi bakteri.

4 dari 4 halaman

Konsultasi ke Dokter Kandungan

Ilustrasi konsultasi dokter © Diadona

Perlu juga Diingat, Moms memiliki riwayat masalah asam urat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi taoge. Hal itu karena taoge berasal dari kacang-kacangan yang jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan kadar asam urat.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar