Kram Perut di Awal Kehamilan, Kapan sih Ibu Harus Waspada?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 29 November 2020 06:30
Kram Perut di Awal Kehamilan, Kapan sih Ibu Harus Waspada?
Gejala kram perut yang harus ibu hamil waspadai.

Saat awal kehamilan, tentu penting untuk memperhatikan setiap rasa sakit atau nyeri pada tubuh. Termasuk kram pada perut bagian bawah, Moms. Kondisi ini nggak sedikit juga membuat ibu hamil jadi merasa khawatir akan mengalami keguguran.

Nyatanya, kram selama 20 minggu pertama kehamilan sangat umum terjadi Moms dan nggak selalu berarti Moms mengalami keguguran. Meski begitu, ada beberapa kondisi kram yang seharusnya Moms waspadai.

Apa saja itu? Dikutip dari Verywell Family, kita simak ulasannya berikut ini yuk Moms.

1 dari 5 halaman

Apa Penyebab Kram di Awal Kehamilan?

Ilustrasi kram perut © Diadona

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan ibu hamil mengalami kram selama trimester pertama ataupun kedua. Tak selalu buruk, sebenarnya kram bisa juga jadi pertanda bahwa Moms sedang hamil lho.

Saat sel telur yang sudah dibuahi masuk ke dalam dinding rahim, hal ini bisa menimbulkan sensasi yang biasa dikenal sebagai kram implantasi. Implantasi ini kadang juga disertai dengan adanya bercak, Moms. Tapi, bercak dan kram ini akan mereda seiring kehamilan.

2 dari 5 halaman

Selain itu, perubahan rahim juga bisa jadi penyebab lainnya ibu mengalami kram pada awal kehamilan. Saat rahim mulai membesar, Moms mungkin akan mengalami sensasi seperti kram.

Penyebab lainnya bisa juga disebabkan oleh hubungan intim dan gejala gastrointestinal atau sistem pencernaan yang terganggu akibat perubahan hormon.

3 dari 5 halaman

Kapan sih Ibu Hamil Harus Khawatir?

Tapi, bila kram yang Moms alami disertai dengan gejala berikut ini. Moms sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut sederet gejalanya.

1. Kram seperti Kontraksi yang Terjadi secara Teratur

Penyebab Kram Perut © Diadona

Bila Moms mengalami enam kali atau lebih kontraksi ini dalam satu jam, hal ini bisa menjadi pertanda persalinan prematur Moms. Karena itu, segera pergi ke rumah sakit terdekat.

4 dari 5 halaman

2. Pusing atau Pendarahan

Selama awal kehamilan, kombinasi antara kran dan pusing atau pendarahan bisa jadi tanda keguguran Moms. Selain itu, bisa juga mengindikasikan kehamilan ektopik,—terutama bila rasa sakit hanya terbatas pada satu sisi saja.

5 dari 5 halaman

3. Sakit Punggung

Penyebab Sakit Punggung © Diadona

Bukan hal yang aneh jika punggung Moms terasa sakit selama awal kehamilan, tapi sakit punggung yang parah bersama dengan mual, muntah, demam, atau nyeri saat buang air kecil, bisa menjadi tanda penyakit serius seperti radang usus buntu, batu ginjal, atau bahkan penyakit pada empedu Moms.

Karena itu, bila Moms merasakan kram disertai tiga gejala di atas, segera pergi ke rumah sakit ya Moms agar bisa mendapat penanganan yang tepat. Semoga membantu.

Beri Komentar