Kenapa sih Kaki Tetap Bengkak setelah Melahirkan?

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 28 November 2020 16:11
Kenapa sih Kaki Tetap Bengkak setelah Melahirkan?
Apa saja tipsnya?

Kaki bengkak saat hamil tentu jadi hal wajar yang banyak dialami oleh ibu. Tapi nyatanya, tak hanya saat hamil, kadang kondisi ini terus berlanjut sampai setelah melahirkan.

Namun, Moms nggak perlu khawatir. Pasalnya, hal ini cukup normal kok dialami oleh ibu pasca melahirkan. Sebenarnya, apa sih menyebabkan kaki jadi bengkak setelah melahirkan? Langsung saja yuk kita simak ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 7 halaman

Penyebab Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Ilustrasi kaki bengkak © Diadona

Pembengkakan ini disebabkan oleh banyaknya cairan yang tersisa di jaringan tubuh setelah melahirkan, Moms. Saat hamil, tubuh ibu akan mengalami peningkatan jumlah cairan berupa volume darah, bahkan sampai 50 persen.

Hal inilah yang jadi salah satu penyebab kaki Moms jadi bengkak setelah melahirkan. Biasanya, pembengkakan ini umum terjadi di tangan dan kaki, terutama pada pergelangan kaki.

2 dari 7 halaman

Selain itu, cairan infus juga jadi penyebab lainnya Moms. Saat persalinan, Moms akan menerima cairan infus untuk mencegah dehidrasi dan memastikan tekanan darah Moms tidak turun. Tapi, cairan infus ini nggak akan langsung hilang Moms setelah melahirkan.

Tak hanya itu, hormon progesteron yang diproduksi dalam jumlah yang besar selama kehamilan juga berperan dalam kondisi ini. Salah satu efek dari progesteron yakni bisa menyebabkan tubuh menahan atrium dan air sehingga menyebabkan pembengkakan, baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan.

3 dari 7 halaman

Berapa Lama sih Pembengkakan Pasca Melahirkan Ini Terjadi?

Penyebab Kaki Bengkak © Diadona

Tenang Moms, kondisi ini nggak akan berlangsung selamanya kok. Cairan yang berada dalam tubuh akan dikeluarkan secara bertahap Moms melalui keringat maupun air kencing.

Bila Moms mengalami pembengkakan kaki setelah operasi caesar, hal ini juga terbilang wajar Moms. Biasanya, pembengkakan kaki ini akan mereda dalam satu atau dua minggu pertama setelah persalinan.

4 dari 7 halaman

Gimana sih Cara Mengatasinya?

Ada beberapa tips yang bisa Moms coba untuk mengatasi bengkak pada kaki setelah melahirkan. Apa saja itu?

1. Minum Banyak Air

Dengan minum banyak air akan membuat ginjal Moms bekerja dengan lebih baik untuk membantu membuang limbah pada tubuh melalui air kencing, salah satunya cairan ekstra yang menyebabkan pembengkakan.

5 dari 7 halaman

2. Bergerak Sebanyak Mungkin

Ilustrasi wanita olahraga di gym © Diadona

Aktivitas satu ini sangat penting terutama bagi Moms yang mengalami operasi caesar. Dengan Moms tetap aktif akan mencegah cairan dan darah terkumpul di kaki sekaligus membantu tubuh mengeluarkan cairan itu melalui keringat.

Tapi, tetap jangan memaksakan diri ya Moms. Ketahui batas tubuh dan istirahat bila sudah merasa lelah.

6 dari 7 halaman

3. Hindari Berdiri atau Duduk Terlalu Lama

Baik duduk maupun berdiri terlalu lama bisa menyebabkan cairan dan darah mengumpul di kaki, Moms. Bergerak lebih banyak bisa mendorong darah Moms beredar luas ke seluruh tubuh.

4. Angkat Kaki saat di Tempat Tidur

Ilustrasi wanita tidur dan bermimpi © Diadona

Dengan mengangkat kaki saat di tempat tidur akan membantu memindahkan cairan dari bagian bawah tubuh kembali ke seluruh tubuh yang kemudian bisa dikeluarkan melalui kelenjar keringat dan ginjal.

7 dari 7 halaman

5. Kurangi Konsumsi Garam

Nyatanya, terlalu banyak mengonsumsi garam bisa memperburuk pembengkakan lho Moms. Karena itu, sebisa mungkin kurangi jumlah garam yang Moms konsumsi dalam makanan, ya.

Nah, itu dia sederet penjelasan sekaligus tips bagi Moms yang penasaran dengan pembengkakan pada kaki setelah melahirkan. Semoga membantu ya, Moms.

Beri Komentar