Meski Kaya Manfaat, Ternyata Konsumsi Saffron Berlebihan Bisa Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 26 November 2020 06:30
Meski Kaya Manfaat, Ternyata Konsumsi Saffron Berlebihan Bisa Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Seberapa bahaya sih mengonsumsi saffron berlebihan saat hamil?

Sebagian besar dari Moms pasti sudah familiar dengan saffron. Saffron sendiri adalah kepala putik dari bunga crocus sativus yang dikeringkan. Saffron dipercaya memiliki berbagai manfaat, bahkan bagi ibu hamil.

Tapi nyatanya, mengonsumsi saffron secara berlebihan bisa berbahaya lho Moms bagi ibu hamil dan menyusui. Seberapa bahaya sih sebenarnya konsumsi saffron yang berlebihan bagi ibu hamil? Dikutip dari berbagai sumber, langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Aman Nggak sih Mengonsumsi Saffron Bagi Ibu Hamil?

Ilustrasi saffron © Diadona

Banyak yang mengatakan jika ibu hamil boleh mengonsumsi saffron Moms, baik dalam bentuk makanan atau minuman. Tapi, ada juga ahli yang nggak merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi herbal satu ini. Salah satunya dr. Richard Lee, MARS.

Dikutip dari channel YouTube miliknya, dr. Richard menjelaskan jika ibu hamil dilarang mengonsumsi maupun menggunakan produk berbahan dasar saffron dalam bentuk apapun.

2 dari 5 halaman

" Dan ini juga menurut penelitian tahun 2014 ternyata saffron dalam bentuk apapun itu dilarang untuk digunakan pada ibu hamil," ucap dr. Richard Lee, MARS

Dokter Richard menyebut saffron bisa merangsang kontraksi uterus yang tentu bahaya bagi ibu hamil. Karena itu, ia nggak merekomendasikan saffron untuk digunakan ibu hamil maupun menyusui.

3 dari 5 halaman

Bahaya Mengonsumsi Saffron Berlebihan

Ilustrasi saffron © Diadona

" Karena ternyata bisa merangsang kontraksi uterus. Jadi ini (saffron) nggak boleh dipakai ibu hamil dan ibu menyusui. Mau dalam bentuk apapun, diminum, dioles, pakai face mist juga nggak boleh," sambungnya.

Memang, konsumsi saffron secara berlebihan atau pada dosis yang tinggi saat hamil bisa memicu kontraksi yang menyebabkan persalinan prematur bahkan keguguran, Moms.

4 dari 5 halaman

Karena itu, biasanya saffron dikonsumsi dalam porsi yang kecil dan nggak lebih dari 5 gram sehari. Bahkan, 2–3 helai saffron (<1 gram) saja sudah cukup untuk membuat teh saffron.

Dikutip dari Alodokter, saffron memang sudah lama digunakan dalam dunia pengobatan herbal Moms dan dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit.

Saffron © Diadona

5 dari 5 halaman

Manfaat Saffron

Selain itu, saffron juga dipercaya bermanfaat bagi ibu hamil untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, memperbaiki suasana hati, dan masih banyak lagi sederet manfaat lainnya.

Meski kaya manfaat, sebaiknya Moms mengonsultasikan lebih dulu pada dokter ya bila ingin mengonsumsi saffron. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar