Benarkah Asupan Vitamin D saat Hamil Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 27 November 2020 06:30
Benarkah Asupan Vitamin D saat Hamil Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak?
Simak penjelasannya berikut ini ya, Moms.

Mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan memang penting bagi tumbuh kembang bayi dalam kandungan, termasuk juga asupan vitamin D. Vitamin satu ini nggak hanya penting bagi ibu, tapi juga penting bagi kesehatan bayi.

Dalam sebuah studi terbaru, ada temuan yang menarik nih Moms mengenai vitamin D. Ternyata, asupan vitamin D saat hamil berhubungan dengan tingkat kecerdasan bayi lho Moms. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Hubungan Vitamin D dan Tingkat Kecerdasan Anak

Ilustrasi ibu hamil berjemur © Diadona

Dikutip dari studyfinds.org, nyatanya sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin D nggak hanya penting bagi pertumbuhan, tapi juga berdampak pada kecerdasan anak Moms.

Peneliti dari Seattle Children's Research Institute mengatakan ibu dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi selama hamil, cenderung memiliki anak dengan skor IQ yang lebih tinggi.

2 dari 7 halaman

Dalam sebuah studi baru, para peneliti mempelajari tentang wanita hamil mulai tahun 2006 dan memantau mereka sekaligus anak-anak mereka selama beberapa tahun ke depan, Moms.

Dari penelitian itu ditemukan kadar vitamin D yang lebih tinggi selama kehamilan memiliki kaitan dengan tingkat IQ yang lebih tinggi pula pada anak-anak berusia 4 dan 6 tahun.

" Kekurangan vitamin D cukup umum. Kabar baiknya adalah ada solusi yang relatif mudah," jelas Melissa Melough, penulis utama studi.

3 dari 7 halaman

Dampak Kekurangan Vitamin D

Ilustrasi ibu hamil berjemur © Diadona

" Mendapatkan vitamin D yang cukup melalui makanan bisa jadi sulit, dan tidak semua orang bisa menutupi celah ini melalui paparan sinar matahari, jadi solusi yang baik adalah dengan mengonsumsi suplemen," sambungnya.

Selain temuan tentang hubungan asupan vitamin D dan tingkat kecerdasan anak, sebuah studi juga menemukan bahwa kekurangan vitamin D selama proses tumbuh kembang bisa menyebabkan pertumbuhan anak jadi terhambat dan berisiko mengalami obesitas yang lebih tinggi.

4 dari 7 halaman

Manfaat Lain Vitamin D Bagi Ibu Hamil

Vitamin D juga punya segudang manfaat lain Moms bagi ibu hamil. Dikutip dari Alodokter, berikut beberapa diantaranya.

1. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kehamilan Moms seperti bayi lahir dengan berat badan berlebih, kelahiran prematur sampai preeklamsia.

Sejumlah studi mengungkap bahwa asupan vitamin D yang tercukupi selama kehamilan, bisa mengurangi risiko terkena diabetes gestasional ini Moms. Karena itu, ibu hamil disarankan memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin D, berjemur, maupun minum suplemen.

5 dari 7 halaman

2. Cegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Ilustrasi Bayi © Diadona

Tak hanya menurunkan risiko terkena diabetes gestasional, cukup asupan vitamin D juga bisa mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah Moms. Bayi yang lahir dengan kondisi ini biasanya lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti salah satunya gangguan pernapasan.

6 dari 7 halaman

3. Mengurangi Risiko Preeklamsia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, asupan vitamin D yang cukup bisa mengurangi Moms menderita preeklamsia selama kehamilan. Preeklamsia ini biasanya ditandai dengan peningkatan kadar protien dalam urine, tekanan darah tinggi, dan pembengkakan di tubuh akibat oenumoukan cairan.

Preeklamsia ini menurut beberapa studi lebih rentan dialami oleh ibu hamil yang kekurangan vitamin D, Moms. Karena itu, ibu hamil disarankan mencukupi kebutuhan vitamin D selama kehamilan.

Beri Komentar