Tak Selalu Baik, Ini Risiko Konsumsi Asam Folat Berlebih saat Hamil

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 12 Desember 2020 06:30
Tak Selalu Baik, Ini Risiko Konsumsi Asam Folat Berlebih saat Hamil
Apa saja ya risikonya, Moms?

Tentu sebagian dari Moms familiar dengan pentingnya mendapat cukup asam folat selama kehamilan. Asam folat sendiri adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air.

Ibu hamil sangat disarankan memenuhi asupan asam folat yang cukup karena berbagai manfaatnya bagi ibu dan bayi. Seperti diantaranya mencegah cacat tabung saraf pada bayi, menurunkan risiko anemia pada ibu, dan membantu proses pembentukan sel-sel pada tubuh.

Meski kaya akan manfaat, nyatanya kosumsi asam folat secara berlebihan saat hamil bisa menimbulkan dampak buruk lho Moms. Apa saja dampak buruknya? Langsung saja yuk kita simak risikonya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Risiko Konsumsi Asam Folat Berlebihan

Ilustrasi ibu hamil minum suplemen asam folat © Diadona

Dikutip dari Today's Parent, sebuah penelitian menunjukkan terlalu banyak mengonsumsi asam folat saat hamil justru membawa efek negatif seperti gangguan pertumbuhan pada janin, peningkatan risiko penyakit pada masa kanak-kanak seperti asma dan autisme, dan mendorong pertumbuhan beberapa sel kanker.

Memang, asupan asam folat yang cukup selama kehamilan diperlukan salah satunya untuk perkembangan otak bayi. Biasanya, ibu juga mengonsumsi suplemen asam folat untuk mencukupi kebutuhan vitamin penting satu ini.

2 dari 3 halaman

Pengaruhi Perkembangan Otak Anak

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Tapi, mengonsumsi suplemen asam folat secara berlebihan bisa meningkatkan resistensi insulin Moms dan memperlambat perkembangan otak pada anak-anak.

Dalam sebuah penelitian pada anak usia 4 dan 5 tahun yang ibunya mengonsumsi lebih dari 1.000 mcg asam folat per hari saat hamil mendapat skor lebih rendah pada tes perkembangan otak dibandingkan anak-anak dari ibu hamil yang mengonsumsi 400–999 mcg asam folat per hari.

Studi lain juga mengaitkan kelebihan asam folat ini dengan risiko resistensi insulin yang lebih besar pada anak-anak usia 9-13 tahun.

3 dari 3 halaman

Berapa banyak sih asam folat yang dikonsumsi selama kehamilan?

Ilustrasi asupan asam folat © Diadona

Jumlah asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil yakni sekitar 600 mikrogram (mcg) per harinya, Moms. Sementara itu, bagi wanita yang berisiko lebih tinggi melahirkan dengan cacat tabung saraf, disarankan untuk mengonsumsi asam folat dengan dosis lebih tinggi. Tentunya di bawah pengawasan dokter.

Nah, jadi hindari mengonsumsi asam folat secara berlebihan ya Moms saat hamil. Semoga membantu.

Beri Komentar