Jadi Gampang Lelah saat Hamil? Berikut 5 Tips Tingkatkan Stamina Bagi Bumil

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 1 November 2020 06:30
Jadi Gampang Lelah saat Hamil? Berikut 5 Tips Tingkatkan Stamina Bagi Bumil
Apa saja tipsnya?

Selama masa kehamilan, tentu wanita akan mengalami perubahan fisik maupun emosional. Perubahan fisik yang juga disertai hormon ini bisa membuat ibu hamil jadi mudah lelah.

Rasa lelah yang terus berkepanjangan sedikit banyak bisa memengaruhi kesehatan ibu maupun calon buat hati. Karena itu, penting Moms untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan stamina saat hamil.

Bagaimana saja caranya? Dikutip dari Alodokter, yuk intip 5 tips meningkatkan stamina selama kehamilan berikut ini.

1 dari 5 halaman

Tidur Siang

ilustrasi ibu hamil tidur © Diadona

Ibu hamil membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dari biasanya Moms terutama di awal kehamilan. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk tidur siang. Apalagi bila Moms nggak mendapat cukup tidur di malam hari. Ganti tidur yang hilang dengan tidur siang sejenak.

2 dari 5 halaman

Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi ibu hamil minum air putih © Diadona

Dehidrasi selama kehamilan bisa jadi salah satu penyebab stamina ibu hamil jadi menurun. Untuk mencegahnya, disarankan agar ibu hamil perbanyak konsumsi air putih, setidaknya 10 gelas per hari.

Bila hal ini menyebabkan Moms jadi sering buang air kecil di malam hari, Moms bisa menyiasatinya dengan perbanyak minum di siang hari dan minum lebih sedikit di malam hari.

3 dari 5 halaman

Olahraga Ringan

Ilustrasi Ibu Hamil Lari © Diadona

Meski Moms merasa nggak punya energi untuk berolahraga, tapi usahakan Moms tetap melakukan aktivitas fisik ringan seperti yoga prenatal atau jalan kaki beberapa menit.

Rutin berolahraga bisa membuat tubuh Moms lebih berenergi dan bugar. Meski begitu, jangan memaksakan diri ya Moms. Konsultasikan lebih dulu pada dokter dan segera beristirahat bila Moms merasa kelelahan.

4 dari 5 halaman

Penuhi Asupan Nutrisi

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Sayur © Diadona

Memenuhi asupan nutrisi selama kehamilan juga nggak kalah penting Moms. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, ibu hamil bisa menjaga stamina tubuh. Selama hamil, pastikan Moms mendapat asupan kalori, zat besi, dan protein yang cukup ya.

Hal ini untuk mencegah tubuh ibu hamil kekurangan stamina yang bisa mengakibatkan rasa lelah yang dirasakan semakin parah.

5 dari 5 halaman

Meditasi

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Tak hanya olahraga, meditasi saat hamil juga bisa membantu ibu meningkatkan stamina. Selain itu, meditasi juga bisa membuat ibu lebih relaks dan mengurangi stres selama kehamilan.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa Moms coba untuk meningkatkan stamina selama kehamilan. Semoga membantu.

Beri Komentar