Hasrat Beres-beres Rumah Memuncak saat Hamil? Ini Tanda Moms Mengalami Nesting!

Reporter : Mila
Jumat, 11 Februari 2022 11:57
Hasrat Beres-beres Rumah Memuncak saat Hamil? Ini Tanda Moms Mengalami Nesting!
Sering banget nih dialami bumil.

Menjelang kelahiran sang buah hati, berbagai persiapan dilakukan oleh calon orang tua, khususnya Moms. Mulai dari membersihkan rumah, hingga mengatur ulang posisi barang dan perabotan yang ada.

Kondisi itu sah-sah saja kalau hanya dilakukan sesekali. Tapi, kalau melakukannya terlalu sering, Moms mungkin mengalami yang namanya nesting. Apa itu nesting saat hamil? Bagaimana tanggapan psikolog mengenai kondisi ini? Cari tahu yuk!

1 dari 4 halaman

Nesting pada Ibu Hamil

Ilustrasi Hamil © Diadona

Nesting adalah suatu dorongan yang dirasakan ibu hamil pada beberapa minggu sebelum fase melahirkan. Kondisi ini membuat ibu hamil ingin membersihkan dan menata posisi barang-barang di rumah untuk menyambut kelahiran si buah hati.

Menurut Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, nesting cukup umum terjadi pada ibu hamil.

“ Meski begitu, tidak semua ibu hamil akan mengalaminya. Hanya beberapa saja yang mengalami nesting saat hamil,” ucap Gracia.

2 dari 4 halaman

Penyebab Nesting pada Ibu Hamil

Ilustrasi Hamil © Diadona

Penyebab nesting pada ibu hamil hingga saat ini masih jadi misteri. Tapi, melansir Healthline, kondisi itudihubungkan dengan gejolak hormonal selama kehamilan.

Selain itu, nesting juga dipercaya sebagai mekanisme koping atau cara meredakan stres dan kecemasan terhadap kehamilan.

Berdasarkan jurnal Evolution and Human Behaviornesting juga diyakini berkaitan dengan keinginan ibu hamil untuk melindungi diri dan bayi dari dampak buruk lingkungan sekitar. Masuk akal juga ya?

3 dari 4 halaman

Tanda Nesting saat Hamil

Ilustrasi Hamil © Diadona

Secara umum, berikut ini adalah ciri dan tanda nesting pada ibu hamil:

  • Sering Bersih-Bersih
    Ibu hamil yang sedang nesting akan rajin untuk bersih-bersih rumah. Tidak jarang, saat melihat lantai kotor, Moms akan berpikir bahwa hal tersebut membahayakan diri dan calon buah hati.

  • Belanja Kebutuhan Bayi
    Membeli keperluan bayi adalah cara untuk menyalurkan dorongan energi yang dialami ibu hamil.

  • Menata Barang-Barang
    Nesting membuat Momsmemiliki keinginan yang kuat untuk mengatur barang-barang agar mudah untuk diambil. Kondisi ini akhirnya membuat Moms ingin menyiapkan kamar untuk buah hati, dan merapikan semua rumah lainnya.

  • Merencanakan Kebutuhan Perawatan Anak
    Nesting juga berkaitan dengan keinginan untuk merencanakan kebutuhan anak. Pikiran MOms akan dipenuhi dengan keinginan untuk memiliki semua kebutuhan si kecil ketika lahir nanti.

  • Menginginkan Lingkungan yang Aman
    Menciptakan lingkungan yang aman akan membuat Moms puas dan bahagia. Karenanya, saat nesting, Moms akan lebih sensitif terhadap kebersihan.

4 dari 4 halaman

Nesting pada ibu hamil adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan kalau masih batas normal. Tapi, apabila Moms mengalami nesting sampai kesulitan untuk mengendalikan keinginan tersebut, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut kepada psikolog.

Beri Komentar