Gimana ya Cara Mengatasi Rasa Marah Selama Hamil?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 22 Juni 2020 12:37
Gimana ya Cara Mengatasi Rasa Marah Selama Hamil?
Bingung sendiri, gimana sih caranya biar nggak marah terus pas lagi hamil?

Banyak yang bilang bahwa kehamilan akan mengubah hidup seorang wanita. Kita mungkin nggak akan menemukan diri kita yang sebelumnya lagi saat hamil bahkan mungkin hingga melahirkan. Kehamilan akan memberikan banyak perubahan dalam diri kita.

Perubahan yang terjadi selama kehamilan bisa mulai dari fisik hingga sikap kita. Hal ini disebabkan oleh hormon yang bekerja bak permainan rollercoaster. Kondisi ini biasanya mempengaruhi mood kita dan sangat mungkin membuat emosi menjadi nggak stabil.

Banyak wanita hamil yang tiba-tiba menjadi sangat pemarah dan mempengaruhi orang di sekitar mereka. Pada saat itu terjadi bahkan mungkin kita juga nggak menyadari mengapa kita bisa sangat marah pada sesuatu.

1 dari 5 halaman

ilustrasi ibu hamil marah © Diadona

Dilansir dari Parents, Lori Altshuler, MD, direktur Program Penelitian Mood Disorders di UCLA, mengatakan bahwa nggak semua amarah yang terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh hormon. Ternyata hormon mungkin berperan tapi belum ada data medis yang menjelaskan hal ini.

Yang lebih penting justru mungkin amarah pada ibu hamil muncul karena rasa nggak nyaman selama kehamilan. Menurut Clark Gillespie, MD, penulis buku " Your Pregnancy Month by Month" , pada bulan-bulan awal kehamilan, wanita mengalami mual, kelelahan, nyeri payudara, dan rasa takut jika ada sesuatu yang salah. Seiring berjalannya waktu, mereka juga mengalami insomnia, lebih banyak tekanan pada usus dan kandung kemih, merasa panas, dan banyak hal lain yang bisa membuat mereka jadi emosi.

2 dari 5 halaman

Para ahli juga mengungkapkan bahwa ada hubungan kuat antara depresi dan kemarahan. Nggak hanya wanita hamil yang menunjukkan amarahnya aja yang lebih mungkin depresi, tapi mereka yang memendam semua juga sangat mungkin mengalaminya.

Untuk itu berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa marah selama hamil.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil Lari © Diadona

Berjalan ke luar

Sebaiknya kita menghindari obrolan yang bisa memicu emosi kita. Kita juga boleh memberitahu lawan bicara bahwa kita sedang dalam kondisi sensitif dan nggak mau membicarakan sebuah masalah. Selanjutnya untuk meredakan emosi kita bisa jalan-jalan di luar agar lebih tenang.

Tetap aktif

Sedang hamil nggak berarti kita harus selalu di atas tempat tidur seperti orang sakit. Untuk menghindari stres justru kita bisa tetap aktif berkegiatan. Aktivitas seperti olahraga teratur bisa membantuk mengendalikan emosi dan meringankan rasa nggak nyaman pada tubuh.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi menulis surat © Diadona

Menulis

Kita bisa melampiaskan emosi yang kita rasakan pada sebuah tulisan. Tapi pastikan untuk memilah lagi mana tulisan yang pantas untuk dibagikan dan yang harus disimpan rapat-rapat.

Istirahat

Ibu hamil perlu mendapatkan cukup banyak waktu untuk istirahat. Kita bisa mengambil libur kerja atau beberapa jam meninggalkan anak-anak untuk memanjakan diri. Lakukan hobi atau manjakan diri kita dengan perawatan tubuh untuk membuat diri sendiri menjadi senang.

5 dari 5 halaman

ilustrasi ibu hamil dan dokter © Diadona

Menghubungi profesional

Jika kita mulai merasa bahwa rasa marah yang kita alami mulai nggak bisa dikendalikan dan menyulitkan, kita bisa menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Semakin dini kita menyadari kondisi kita, maka hal ini akan memudahkan penanganan dan mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar