Cara Berikan Stimulasi Panca Indra Si Kecil sejak Dalam Kandungan

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 30 Mei 2020 15:17
Cara Berikan Stimulasi Panca Indra Si Kecil sejak Dalam Kandungan
Ibu sudah bisa memberikan stimulasi untuk panca indra bayi sejak dalam kandungan, begini caranya.

Sejak dalam kandungan panca indra si kecil mulai terbentuk. Saat nanti lahir pun panca indra ini sudah lengkap semua seperti indra penglihatan, pendengaran, peraba dan dua indra lainnya. Namun, indra ini belum berfungsi dengan maksimal meskipun sudah lengkap.

Masing-masing organ akan mengirimkan pesan khusus ke otak agar manusia bisa merasakan dan mengerti banyak hal, itulah yang dimaksud dengan panca indra. Indra ini ada lima yaitu pendengaran, penglihatan, pencium, pengecap rasa dan peraba.

1 dari 2 halaman

Sebenarnya untuk menstimulasi panca indra si kecil ini bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Dilansir dari theasianparent.com, indra pendengaran terbentuk pada kehamilan minggu ke-4 dan 5. Kemudian, Indra peraba mulai terbentuk sejak minggu ke-8.

Indra pengecap akan terbentuk pada usia 11-15 minggu. Sedangkan indra penglihatan yaitu bagian mata akan mulai terbuka di usia kehamilan 26-28 minggu meski belum sempurna dan hanya terbuka sekali.

2 dari 2 halaman

Ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk memberikan stimulasi pada bayi sejak dalam kandungan. Untuk indra pendengaran bisa dilakukan dengan cara membacakan cerita atau mendengarkan musik-musik yang bagus untuk kandungan.

Indra peraba bisa dilakukan dengan meletakkan jari di atas kandungan dengan sedikit tekanan ke dalam perut. Lalu, untuk indra perasa bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa buah dan sayur dengan rasa yang berbeda-beda.

Untuk indra penciuman yaitu dengan cara ibu mencium bau-bau bunga atau bau dari benda lainnya yang alami. Yang terakhir, ibu bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk membantu stimulasi indra penglihatan. Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan Mom. Semoga panca indra si kecil bisa berkembang dengan baik dan sehat selalu sampai persalinan nanti.

Beri Komentar